Cara Menyemai Padi yang Baik dan Benar

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/02/cara-menyemai-padi-yang-baik-dan-benar.html

Bagi masyarakat Indonesia, padi merupakan salah satu tanaman budidaya yang penting utama. Pasalnya, karena olahan dari padi atau nasi itu sendiri merupakan makanan pokok untuk orang Indonesia. Hal ini didukung oleh iklim negara Indonesia yang bersifat tropis, sehingga tanaman padi dapat tumbuh dengan subur.



Kendati demikian, untuk mendapatkan panen yang melimpah, perlu adanya pengetahuan tentang cara menanam padi yang baik dan menguntungkan. Karena harus diakui, meskipun padi merupakan bahan makanan pokok, dan negara kita pun dijuluki negara agraris, namun produksi padi nasional belumlah mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Benih merupakan biji tanaman yang telah mengalami perlakuan sehingga dapat dijadikan sarana dalam memperbanyak tanaman. Pemilihan benih yang baik menentukan hasil produksi yang maksimal. Untuk itu harus cermat dalam pemilihan benih padi agar dapat memperoleh hasil panen yang tinggi.

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Pemilihan Benih Tanaman

- Pilih benih padi unggul harus bersertifikat resmi dari instansi pemerintah atau perusahaan, hal ini menandakan bahwa benih padi tersebut dapat dipertanggungjawabkan kelayakan tanamnya seperti masa dormansinya dan daya tumbuhnya. Dalam penggunaan benih yang bersertifikat, tidak semuanya dapat ditanam sebagai benih, melainkan harus dipilih yang bagus.

- Pastikan benih tidak kadaluarsa dan mempunyai daya tumbuh yang bagus.

- Benih padi utuh, bersih dan bebas dari hama (kutu-kutuan/kumbang gabah).

Cara menyemai benih padi ini cukup mudah dan tidak terlalu sulit, tapi bagi anda yang belum pernah tahu bagaimana cara menyemai biji padi yang baik dan benar, bisa anda baca artikel ini sampai habis. Berikut ini merupakan hal-hal yang kita lakukan sebelum menyemai benih padi.

Persiapkan Peralatan


1. Cangkul
Cangkul kita gunakan untuk mencangkul sawah dan memperbaiki pematang sawah yang akan digunakan sebagai lahan persemaian, ini jika kita menyemai benih padi disawah. Jika didarat, maka cangkul berfungsi untuk menggemburkan tanah sebelum bibit disemaikan.


2. Garu
Kalau yang ini namanya garu kalau kami sebut, garu adalah alat yang berfungsi untuk meratakan lumpur pada sawah yang akan kita semaikan bibit. Alat garu ini bisa kita buat sendiri dari kayu dan papan.

Cara Menyemai Benih Padi Agar Cepat Tumbuh dan Bisa Segera Ditanam


Cara Menyemai Benih Padi

1. Persiapkan lahan
Sebelum menyemai benih padi, maka sebaiknya kita siapkan lahan yang akan digunakan untuk menyemai. Jika didarat, maka kita harus menggemburkan tanah dulu dan buat bedengan yang lebarnya kira-kira 3 meter dan panjangnya terserah anda bisa 5-10 meter. Sebenarnya tidak ada patokan khusus untu lebar dan pajang bedengan. Begitu juga jika disawah, maka kita harus membajaknya dan meratakan serta menghaluskan permukaan sawah baru kemudian disemaikan benihnya.

2. Persiapkan benih/biji padi
Sebelum benih disemaikan sebaiknya benih padi direndam dalam air selama satu malam, setelah itu baru kita taburkan pada tempat yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga


3. Menyemai benih padi
Setelah lahan siap, maka selanjutnya tinggal kita semaikan benih padi, jika didarat, silahkan ditaburkan benih padi secara merata. Jika sudah selesai segera tutupi permukaan dengan terpal tipis atau alang-alang juga bisa agar tidak habis dimakan burung maupun hewan lainnya. Begitu juga perlakuan disawah, sama seperti didarat.

 4. Perawatan benih
Setelah benih disemaikan, langkah selanjutnya adalah merawatnya dengan baik dan benar. Beri pupuk agar pertumbuhan benih cepat dan benih bisa cepat tumbuh.

Setelah benih berumur 2 minggu maka benih padi siap untuk ditanam, tapi untuk usia tanam benih padi ini tergantung pada jenis atau varietas padi yang anda tanam. Semoga bermanfaat.
Cara Menyemai Padi yang Baik dan Benar, Pada: Februari 01, 2019
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved