Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/02/klasifikasi-dan-morfologi-bunga-mawar.html

Salah satu jenis tanaman hias terpopuler dari zaman dahulu hingga sekarang yaitu Bunga Mawar. Mawar (Rosa Sp) yang selalu diberikan sebagai tanda kasih sayang ini menjadi pilihan utama bagi pecinta tanaman hias. Asal usul perkembangan bunga ini pertama kali berasal dari cina, timur tengah, dan eropa timur. selanjutnya, perkembangan tanaman hias bunga mawar ini menyebar hingga ke indonesia.




Spesies dari mawar terdapat sebanyak sekitar 100-150 tumbuh dialam liar. seiring berkembangnya zaman terutama perkembangan ilmu botani, tanaman hias mawar telah dilakukan perbanyakan spesies dengan menggunakan metode persilangan dan rekayasa genetika.

Tanaman hias bunga mawar masih berfamili dengan Rosaceae. Meskipun, sebenarnya mawar bukan tanaman tropis namun mampu tumbuh didaerah beriklim subtropis dan tropis. Berikut akan dijelaskan klasifikasi dan morfologi bunga mawar yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Klasifikasi Bunga Mawar

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub Divisi : Angiospermae

Kelas : icotyledonae

Ordo : Rosanales

Famili : Rosaceae

Genus : Rosa

Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Morfologi Bunga Mawar

1. Bunga
Bunga mawar memiliki bentuk daun yang hampir bulat dengan lapisan bunga yang terdiri sekitar 20-25 lapis atau bahkan lebih, hal ini tergantung dari ukuran bunga tersebut. Bunga mawar dapat dikatakan bunga majemuk, dimana bunga-bunganya terkumpul dalam satu ruang, tepatnya berada diatas benang sari dan putik. Adapun satuan pada bunga yang menyusun bunga majemuk disebut sebagai floret. Selain itu, warna yang terdapat pada bunga mawar beragam, meski kebanyakan yang kita jumpai adalah warna merah, putih dan sedikit kuning.
Bunga pada bunga mawar bertugas sebagai penghasil biji untuk penyerbukan. Penyerbukan pada bunga mawar terjadi di bunga itu sendiri, dimana setelah terjadi pembuahan, maka bunga tersebut akan berubah menjadi buah yang merupakan struktur untuk membawa biji bunga. Ovarium pada bunga mawar berada di bagian bawah kelopak dan mahkota bunga.



2. Daun
Daun pada bunga mawar juga tergolong majemuk, dimana pada satu cabang batang terdapat sekitar 5-9 anak daun. Bentuk daunnya sedikit oval dan kecil dengan panjang 2-3 cm yang memiliki gigi disekitar daun. Manfaat daun pada tumbuhan hijau ini tentunya untuk melakukan prses fotosintesis pada tumbuhan.

Untuk beberapa jenis bunga mawar yang lainnya, bentuk daun dan ukurannya sangat beragam, salah satu contohnya adalah spesies bunga mawar besar yang memiliki panjang daun sekitar 5-15 cm yang juga memiliki gigi disekitarnya. Pada spesies bunga mawar ini memiliki ciri yang berbeda jika dibandingkan dengan bunga mawar pada umumnya (mawar kecil).

3. Buah
Biji bunga mawar dapat kita temukan pada bagian bunganya, akan tetapi sangat tidak jelas apabila dilihat sekejap mata saja. Biji bunga tersebut biasanya akan dilindungi oleh buah khusus pembungkus biji tanaman. Adapun bentuk dari biji dari bunga mawar ini adalah bulat sedikit oval yang memanjang dengan ukuran yang kecil.

Pada umumnya warna dari buah bunga mawar adalah merah. Akan tetapi, pada sebagian jenis bunga Rosa Pimpinellifolia memiliki buah yang berwarna ungu kegelapan, bahkan terkadang hitam. Perbedaan warna yang terdapat pada bunga mawar ini tergantung dari warna bunganya.


4. Batang
Batang yang dimiliki bunga mawar memiliki bentuk yang tidak beraturan dan memanjang yang disertai dengan duri-duri tajang disekitar batang tersebut. Fungsi batang pada tumbuhan bunga mawar ini tidak lain adalah untuk menopang cabang dan juga bunga mawar itu sendiri. Selain itu, duri yang terdapat pada cabang tersebut adalah untuk melidungi dari serangan serangga. Akan tetapi pada beberapa jenis bunga mawar durinya ada yang tidak seruncing dan berkembang seperti bunga mawar pada umumnya. Panjang batang pada bunga mawar juga sangat beragam, hal ini sangat bergantung pada pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman tersebut.

Baca Juga



5. Akar
Akar yang terdapat pada bunga mawar adalah jenis akar serabut dengan bentuk bulat memanjang dan memiliki warna coklat muda bercampur coklat tua. Bentuknya yang serabut itulah yang kemudian disebut sebagai akar serabut dengan nama latinradix adventicia.

Itulah beberapa penjelasan mengenai klasifikasi dan morfologi bunga mawar. semoga dengan mengenal bagian mawar dan terbantu dalam perawatan bunga tersebut.
Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar, Pada: Februari 01, 2019
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved