Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Lengkap

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-karet.html

Karet merupakan salah satu komoditas yang menjadi sumber kekayaan negara Indonesia. Pasalnya tanaman perkebunan ini dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Karet merupakan tanaman yang berasal dari negara Brazil dan pertama kali dikenalkan di Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Pada awalnya tanaman ini ditanam di Kebun Raya Bogor sebagai koleksi, lalu selanjutnya dikembangkan sebagai tanaman perkebunan di negara kita.



Hingga saat ini, tanaman karet telah menyebar luas di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Baca Juga


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Lengkap

Nama ilmiah karet atau nama latin karet adalah Hevea brasiliensis. Klasifikasi tumbuhan karet adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Divisi : Spermatophyta ( Tumbuhan berbiji )

Sub divisi : Angiospermae ( Biji berada didalam buah )

Kelas : Dycotyledonae ( Biji berkeping dua )

Ordo : Euphorbiales

Famili : Euphorbiales

Genus : Hevea

Spesies : Hevea bransiliensis


Morfologi Tanaman Karet

Akar Tanaman Karet
Sesuai dengan sifat dikotilnya, akar tanaman karet merupakan akar tunggang, mampu menopang tanaman yang tumbuh tinggi dan besar. Akar tunggang dapat merangsek ke dalam tanah hingga kedalaman 1-2 m, sedangkan akar lateralnya dapat menyebar sejauh 10 m. Akar yang paling aktif menyerap air dan nutrisi yaitu bulu akar yang berada di kedalaman 0-60 cm.

Batang Tanaman Karet
Morfologi batang karet seperti yang sudah disinggung di atas, tumbuh tinggi menjulang dan berukuran besar. Tinggi pohon yang sudah dewasa bisa mencapai 15-25 m, berdaun lebat dan dapat mencapai umur 100 tahun, memiliki percabangan yang tinggi di atas. Batang tanaman ini mengandung getah (lateks).

Daun Karet
Daun karet berwarna hijau yang terdiri dari tangkai daun dengan panjang tangkai daun utama sekitar 3-20 cm dan panjang tangkai anak daun sekitar 3-10 cm. Umumnya ada tiga anak daun di setiap sehelai daun karet. Pada saat musim kemarau, daun tanaman karet akan menguning atau memerah.

Bunga dan Buah Tanaman Karet
Bunga karet terletak di dalam malai payung tambahan dan terdiri dari bunga jantan dan betina. Pangkal tenda bunga berbentuk lonceng dengan panjang 4-8 mm.

Buah karet dilapisi oleh kulit tipis berwara hijau dan di dalamnya ada kulit yang keras dan berkotak, sewaktu masih muda buah berpaut erat dengan ranting. Setiap kotak berisi sebuah biji yang dilapisi cangkang, setelah tua, warna kulit buah berubah menjadi keabu-abuan dan kemudian mengering. Biji karet terdapat dalam setiap ruang buah, jumlah biji biasanya ada tiga dan terkadang empat sesuai dengan jumlah ruang.

Baca Juga


Keuntungan pohon  karet

- Pertumbuhan lebih cepat
- Pemanenan lebih cepat
- Pemeliharaan mudah dan sederhana
- dalam jangka panjang
- Bijinya bisa digunakan sebagai perbanyakan
- Ranting dan batang bisa di gunakan sebagai bahan olahan

Itulah penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Lengkap secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman karet ya !
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved