Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sengon Lengkap

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman_27.html

Tanaman Sengon (Albazia Falcataria), merupakan tanaman yang termasuk dalam famili Mimosaceae, yaitu keluarga petai–petaian. Di Indonesia sendiri, sengon memiliki beberapa nama daerah, seperti misalnya di Jawa: jeunjing, jeunjing laut (sunda), kalbi, sengon landi, sengon sabrang atau sengon laut (jawa), di Maluku: sikat (Banda), seja (Ambon), tawa (Ternate), serta gosui (Tidore).




Bagian tanaman sengon yang terpenting adalah kayunya karena mempunyai nilai ekonomi tinggi. Pohon sengon dapat mencapai ketinggian sekitar 30–45 meter dengan diameter batang sekitar 70–80 cm. Berat jenis kayu rata-rata 0,33 dan termasuk kelas awet IV – V. Bentuk batang bulat dan tidak berbanir. Kulit luarnya berwarna putih atau kelabu, tidak beralur dan tidak mengelupas.

Baca Juga


Klasifikasi Tanaman Albasia (Sengon)

Kingdom        : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi              : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas              : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas      : Rosidae
Ordo               : Fabales
Famili             : Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus             : Albizia
Spesies          : Albizia falcataria (L.) Fosberg

Morfologi Tanaman Sengon

Morfologi tanaman sengon  terdiri dari akar, batang, daun, buah dan biji.

1. Akar

Akar pohon sengon berupa serabut atau sering disebut rambut akar. Akar rambutnya tidak terlalu besar, tidak rumbun atau semrawut, dan tidak menonjol kepermukaan tanah. Akar ini justru dimanfaatkan oleh pohon induknya untuk menyimpan zat nitrogen, sehingga sekitar pohon segon menjadi subur.


2. Batang

batang umumnya tidak berbanir, tumbuh lurus dan silindris. Permukaan batang memiliki kulit licin, berwarna abu-abu atau kehijauan. Tinggi pohon total mencapai 40 m dan tinggi bebas cabang mencapai 20 m.

3. Daun

Daun sengon tersusun majemuk menyirip ganda dengan panjang sekitar 23-30 cm. Anak daun daunnya kecil-kecil, banyak dan berpasangan, terdiri dari 15-20  pasang pada setiap sumbu (tangkai), berbentuk lonjong  (panjang 6-12 mm, lebar 3-5 mm) dan pendek kearah ujung.

4.Bunga

Bunga sengon tersusun dalam malai berukuran panjang 12 mm, berwarna putih kekuningan dan sedikit berbulu, berbentuk seperti saluran atau lonceng. Bunga biseksual, terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Adapun penyerbukannya dibantu dengan perantara angin atau serangga.

5. Buah dan Biji

Buah sengon berbentuk polong, pipih, tipis dan panjangnya sekitar 6-12 cm, berawarna hijau ketika masih muda dan berubah warna kuning sampai coklat kehitaman jika suda tua. Setiap polong buah bersisi 15-30 biji. Biji sengon berbentuk pipih dengan lebar sekitar 3-4 mm dan panjang 6-7 mm. Biji tersebut berwarna kehitam-hitaman, agak keras dan berlilin.

Baca Juga


Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sengon (Paraserianthes falcataria). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved