Ciri ciri Tumbuhan Putri Malu

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/ciri-ciri-tumbuhan-putri-malu.html

Putri malu atau Mimosa pudica adalah perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/layu dengan sendirinya saat disentuh. Walaupun sejumlah anggota polong-polongan dapat melakukan hal yang sama, putri malu bereaksi lebih cepat daripada jenis lainnya. Kelayuan ini bersifat sementara karena setelah beberapa menit keadaannya akan pulih seperti semula.

Ciri Khusus Tumbuhan Putri Malu Dan Fungsinya

Ciri-cirinya :

Tanaman putri malu seringkali tumbuh di pinggir jalan dan tanah lapang, tumbuh tidur di tanah, kadang-kadang tegak, dan cepat berkembang biak. Batangnya bulat, berbulu, dan berduri. Daunnya kecil-kecil, tersusun majemuk, berbentuk lonjong dengan ujung lancip, dan berwarna hijau (ada yang kemerah-merahan). Bila daunnya disentuh akan menutup (sensitif plant). Bunganya bulat seperti bola, berwarna merah muda, dan bertangkai.

- Memiliki Tangkai Berwarna Merah
Tidak seperti tumbuhan pada umumnya yang memiliki tangkai berwarna gelap, tumbuhan putri malu malah memiliki tangkai berwarna merah hati. Ketika tumbuhan putri malu sudah tua, tangkai tersebut akan berubah warna menjadi berwarna hijau mirip dengan daunnya. Tanaman putri malu ini sering dijumpai pada pinggir sungai bahkan di pekarangan rumah.

- Refleks Mengatup
Ciri yang sangat khas adalah daunnya yang mengatup ketika tersentuh. Refleks ini sebenarnya terjadi karena adanya rangsangan yang menyebabkan tekanan turgor pada tulang daun yang berubah. Sebenarnya, tumbuhan putri malu juga akan mengatup setiap matahari terbenam, dan membuka kembali ketika matahari kembali terbit. Gerakan refleks putri malu ini merupakan gerakan seismonasti.

- Memiliki Duri
Ciri khas lainnya dari tumbuhan putri malu adalah memiliki duri pada batangnya. Duri ini untuk melindungi tumbuhan putri malu itu sendiri dari hewan yang ingin menjadikannya sebagai makanan.


fungsi ciri khusus tumbuhan putri malu

Pembahasan lain dari ciri khusus pada tumbuhan putri malu ini adalah, fungsi dari tumbuhan putri malu. Tumbuhan putri malu mengandung mimosin, tanin dan juga asam pipekolinat sehingga memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Fungsi dan khasiat tanaman putri malu bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

Baca Juga


Mengobati Hepatitis
Siapa yang menyangka jika rebusan dari putri malu dapat mengobati penyakit hepatitis? Namun ternyata hal tersebut sudah terbukti. Caranya dengan merebus 10 gr putri malu dengan air selama 15 menit.

Mengobati Batuk
Rebusan dari putri malu juga ternyata mampu mengobati batu berdahak yang sangat mengganggu. Setelah direbus, minum airnya ketika sudah dingin.

Mengobati Insomnia
Menderita insomnia atau susah tidur memang tidak nyaman. Namun ternyata, tumbuhan putri malu dapat mengatasinya. Cukup rebus 50 gram tumbuhan putri malu dan minum airnya. Atau anda juga bisa menambahkan 15 gram sawi langit pada 15 gram putri malu serta 30 gram daun calincing, dan anda tinggal merebusnya. Jika anda ingin hasil yang optimal, anda harus mengkonsumsinya secara teratur.

Ciri ciri Tumbuhan Putri Malu
Itulah beberapa ciri khusus tumbuhan putri malu dan fungsinya (ciri khusus putri malu dan manfaatnya) yang sebaiknya anda ketahui, sehingga apabila suatu saat anda membutuhkan obat untuk penyakit tersebut di atas anda bisa memanfaatkan tumbuhan di sekitar anda. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya anda tidak mengkonsumsi tumbuhan ini pada saat sedang mengandung, karena dapat memberikan dampak yang tidak baik pada kehamilan anda
Ciri ciri Tumbuhan Putri Malu, Pada: Januari 28, 2019
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved