Contoh Tanaman Holtikultura dan Definisinya.

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/contoh-tanaman-holtikultura-dan.html


Holtikultura berasal dari bahasa Latin yaitu Hortus yang artinya tanaman kebun dan Cultural yang artinya budidaya. Jadi Tanaman Holtikultura adalah tanaman yang di budidayakan pada sebuah kebun atau pekarangan rumah, hasil dari tanaman hortikultura biasanya memiliki ciri-ciri mudah rusak dan tidak bertahan lama, maka dari itu diperlukan penanganan khusus pasca panen agar bisa bertahan lebih lama dan meningkatkan nilai jual.



Sebagai pengetahuan awal, macam-macam tanaman hortikultura umumnya memiliki ciri-ciri umum seperti berikut ini :

- Lebih cepat mengalami pembusukan dan tidak tahan

- Memerlukan tempat yang luas untuk media tanam

- Wilayah tanamnya spesifik didaerah tertentu, biasanya menonjol menghasilkan buah tertentu

- panennya musiman, tidak sepanjang tahun

- Naik turun harganya tidak stabil tergantung langka atau tidaknya hasil panen

Tanaman Holtikultural merupakan metode budidaya tanaman secara modern, dan merupakan cabang dari agronomi yang memfokuskan pada jenis tanaman saja. Berikut ini jenis-jenis Tanaman Holtikultural:

JENIS-JENIS TANAMAN HORTIKULTURA

Macam-macam tanaman hortikultura dibagi menjadi 4, yaitu sayuran, buah-buahan, tanaman hias, dan tanaman obat. Untuk lebih lengkapnya berikut penjelasannya :

1. Tanaman sayur (olerikultura)

Pada kelompok sayuran, macam-macam tanaman hortikultura ini dibagi menjadi dua, yaitu sayuran musiman dan sayuran tahunan.

- Sayuran musiman adalah yang tumbuh pada musimnya saja, dan tidak tumbuh sepanjang tahun. Contoh sayuran musiman adalah bayam, kubis, kangkung, wortel, bawang putih, bawang merah, kentang, bawang daun, kembang kol, sawi, lobak, cabe besar, cabe merah, cabe rawit, kacang merah, kacang panjang, tomat, jamur, paprika, buncis, terong, tomat, labu siam dan ketimun.

- Sayuran tahunan adalah sayuran yang dapat tumbuh sepanjang tahun tanpa henti. Beberapa diantaranya adalah petai, jengkol, dan


2. Tanaman buah (frutikultur)

Macam-macam tanaman hortikultura berikutnya adalah tanaman buah. Berikut beberapa diantaranya :

Buah musiman
Beberapa buah musiman adalah semangka, melon, blewah, dan stroberi.

Buah tahunan
Buah tahunan contohnya yaitu pisang, nanas, salak, jambu air, durian, apel, alpukat, jeruk, anggur, markisa, nangka, sirsak, belimbing, sawo, jambu biji, papaya, suku, sukun, langsat, kokosan, manggis, rambutan dan mangga.

3. Tanaman Hias (florikultura)

Tanaman hias memerlukan perawatan seperti penyiraman air yang cukup dan pemberian pupuk. Tanaman hias yang dapat menjadi komoditi yaitu anggrek bulan, bunga tulip, bunga melati, anturium atau kuping gajah, anyelir, anturium daun, sansivera, pakis, cordyline, euphorbia, adenium, aglaonema, bunga sedap malam, mawar, krisan, helicona, garbera, gladiol, mostera, philodendron, dan ixora. Selain dijadikan komoditi, tanaman hias ini juga dapat menghiasi pekarangan rumah anda.

Baca Juga



4. Tanaman obat (biofarmaka)

Tanaman obat atau biofarmaka ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu biofarmaka non rimpang dan biofarmaka rimpang.

- Biofarmaka non rimpang ialah tanaman obat yang digunakan sebagai bahan obat, kesehatan dan bahan kosmetik. Pemanfaatannya bisa dari bunga, buah, daun, akar maupun batang. Contoh macam-macam tanaman hortikultura biofarmaka non rimpang adalah kumis kucing, lidah buaya, sambiloto, mahkota dewa, mengkudu, kejibeling, kulit manggis, mahoni, kayu manis, jeruk nipis, seledri, brotowali, dan masih banyak lagi yang lainnya.

- Biofarmaka rimpang adalah yang memanfaatkan bagian umi (rimpang) sebagai bahan obat, untuk kesehatan dan kosmetik. Yang tergolong macam-macam tanaman hortikultura biofarmaka rimpang adalah jahe, kencur, kunyit, lengkuas, temu ireng, dlingo, temulawak, lempuyang, dan temu kunci .

Dari macam-macam tanaman hortikultura tadi, ada baiknya anda mulai berfikir untuk menanam hortikultura. Ini karena menanam tanaman dengan cara hortikultura banyak sekali manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan :

- Meningkatkan gizi masyarakat
- Memperluas kesempatan kerja
- Mempercantik lingkungan sekitar
- Meningkatkan pendapatan atau devisa Negara
- meningkatkan pendapatan petani

Demikianlah beberapa macam-macam tanaman hortikultura dan juga manfaatnya. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan anda dan bermanfaat. 
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved