Mengenal Jenis-jenis Gulma

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/mengenal-jenis-jenis-gulma.html

Apa itu GULMA? Apa yang dimaksud dengan GULMA? Secara umum, pengertian gulma adalah segala jenis tanaman atau tumbuhan yang tidak ditanam dan tumbuh secara liar dilahan pertanian, perkebunan atau tempat lain yang kehadirannya tidak diinginkan karena keberadaannya dapat mengganggu tanaman utama. Di lahan pertanian, baik lahan budidaya hortikultura maupun lahan budidaya tanaman perkebunan kehadiran gulma dapat berdampak buruk bagi tanaman utama, yaitu dapat menurunkan hasil tanaman produksi.



Gulma dianggap mengganggu karena adanya kompetisi antara tanaman produksi dan gulma dalam mendapatkan nutrisi yang ada didalam tanah. Pada jenis gulma tertentu, yaitu gulma yang tumbuh tinggi dan menutupi tajuk tanaman produksi kompetisi (persaingan) juga terjadi dalam memperoleh sinar matahari. Selain berkompetisi memperebutkan kebutuhan hara, beberapa jenis gulma seperti ilalang dan mikania dapat mengeluarkan zat yang bersifat racun bagi tanaman, yaitu zat allelophaty. Zat beracun tersebut terdapat pada akar gulma dan berdampak negatif sebagai penghambat pertumbuhan tanaman. Jika suatu areal lahan pertanian atau perkebunan didominasi oleh gulma ilalang dan mikania, tanaman produksi akan terlihat menguning dan pertumbuhannya tidak normal.

Adapun klasifikasi dan jenis-jenis gulma ini dibuat untuk mempelajari apa saja ciri-ciri gulma yang selalu mengganggu tanaman budidaya, bagaiamana pula karakteristik dari gulma ini, serta pembagian gulma berdasarkan morfologinya, sehingga dengan kita tahu jenis dan karakteristik gulma tersebut kita dapat mudah untuk menganggulanginya. Baiklah berikut ini merupakan Klasifikasi dan Jenis-Jenis Gulma yang perlu kita ketahui.


Klasifikasi dan Jenis-Jenis Gulma

Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah Klasifikasi dan Jenis gulma berdasarkan Morfologi serta Biotani. Jenis gulma tersebut antara lain gulma dari golongan rumput ( grasses ) yang masih satu famili dengan poaceae, gulma dari golongan teki ( sedges ) termasuk famili cyperaceae, dan gulma golongan daun lebar ( broadleaves/herbaceous ).

1. Jenis gulma golongan rumput ( grasses )


Gulma jenis rerumputan ini yang sering kita temui pada tanaman semusim seperti cabe, jagung, kedelai, dan lain-lain. Karena jenis gulma ini sangat mudah sekali tumbuh pada area atau lahan yang digarap dan tanah yang subur dan gembur. Adapun contoh gulma dari golongan rumput ini antara lain:

Rumput alang-alang ( Imperata cylindrica )
Rumput japang ( Paspalum conjugatum bergm)
Cynodon dactylon
dan masih banyak lainnya.

2. Jenis gulma gologan teki ( sedges )

Gulma jenis teki ini masih satu keluarga dengan Cyperaceae, yang bentuk batangnya berbentuk segitiga, atau kadang-kadang bulat serta tidak memiliki rongga.

3. Jenis gulma gologan daun lebar ( Broadleaves )

Untuk jenis gulma dari golongan daun lebar ini juga banyak dan beragam, dan sering juga kita jumpi pada tanaman budidaya. Yang jelas daun dari gulma ini lebar-lebar dan umumnya merambat. Namun ada juga yang tidak merambat pada tanaman.

Baca Juga


Kehidupan Gulma Berdasarkan Habitatnya.

Berdasarkan habitat tumbuhnya terdapat gulma darat dan gulma air. Gulma darat merupakan gulma yang hidup didarat dan dapat merupakan gulma yang bisa hidup setahun, dua tahun, atau tahunan (tidak terbatas). Adapun gulma air merupakan gulma yang hidupnya berada di air.

Itulah sedikit penggolongan tentang Klasifikasi dan Jenis-Jenis Gulma, mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Mengenal Jenis-jenis Gulma , Pada: Januari 31, 2019
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved