Cara Berkembang Biak Komodo.

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/cara-berkembang-biak-komodo.html




Cara Berkembang Biak Komodo. .Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.
Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Cara Berkembang Biak Komodo. Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.
Komodo merupakan binatang langka yang hanya terdapat di Indonesia. Komodo berkembang biak dengan cara menetaskan telurnya di tanah-tanah yang tersebar di kepulauan Komodo. Komodo menunggu telurnya menetas antara delapan sampai sembilan bulan.

Cara Berkembang Biak Komodo. Komodo kawin antara bulan Juli sampai Agustus, dan delapan bulan kemudian atau bulan April tahun berikutnya kita akan melihat anak-anak Komodo lahir. Dalam setiap tempat bertelur rata-rata terdapat telur sekitar 820 telur. Bila dari 820 telur itu menetas sekitar 200 butir, maka di pulau Komodo telah menetas 1000 kadal buas baru yang haus darah dan daging bangkai. Keganasan binatang melata yang telah lahir ini telah mengancam binatang lain seperti Babi hutan, kijang dan kuda liar.

Cara Berkembang Biak Komodo. Dalam satu tahun, reptil raksasa ini hanya memiliki satu kali musim kawin sekitar bulan Juli sampai dengan Agustus. Pada musin ini Komodo jantan akan bertempur, dengan cara bergulat, untuk memperebutkan sang betina. Kedua komodo jantan yang siap bertarung akan muntah atau buang air besar untuk menandakan kesiapan bertarung.

Cara Berkembang Biak Komodo. Setelah itu ketika sang betina akan bertelur, ia akan mencari lubang untuk bertelur. Telur yang dihasilkan berkisar antara 20-30 butir dan masa inkubasinya 8-9 bulan. Mereka terkenal sekali dengan sifat predator dan kanibalisme, sehingga anak-anak komodo yang baru menetas akan berlindung di atas pohon sampai ia dewasa dan dapat mempertahankan diri. Usia Komodo dapat mencapai 50 tahun.
Cara Berkembang Biak Komodo., Pada: Mei 28, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved