Cara Berkembang Biak Dengan Tunas dan Contohnya

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/cara-berkembang-biak-dengan-tunas-dan.html

Seperti yang kita ketahui tumbuhan dapat berkembang biak melalui dua cara, secara vegetatif dan generatif. Tunas dihasilkan dari perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif (aseksual) tanpa melalui proses perkawinan. Karena berasal dari satu induk sehingga tunas memiliki karakteristik yang identik dengan induknya. Sebuah tunas biasanya terdiri dari batang yang disertai dengan beberapa lembar daun muda, calon bunga, atau calon buah.




Berkembang biak dengan Tunas adalah suatu reproduksi aseksual organisme yang baru tumbuh pada satu sama lain. Organisme baru tetap melekat seiring dengan pertumbuhan, memisahkan dari organisme induk hanya ketika matang. Karena reproduksi adalah aseksual, organisme baru dibuat adalah klon dan secara genetik identik dengan organisme induk. Sebuah organisme baru tumbuh dari hasil atau kuncup pada induknya.

Karena tunas muncul pada pangkal batang . pangkal batang ini terdapat di dalam tanah . tunas akan tumbuh menjadi tumbuhan baru dan membentuk rumpun . contohnya , tanaman pisang , bambu , dan tebu.

Perkembangbiakan Tunas Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetatif secara alami adalah perkembangbiakan vegetatif yang terjadi tanpa bantuan dari luar atau eksternal. Terdapat beberapa cara perkembangbiakan vegetatif secara alami yaitu sebagai berikut.

Tunas
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara bertunas adalah sebagai berikut:

-Bambu
-Pisang
-Tebu
-Cocor Bebek


Umbi Lapis
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis adalah sebagai berikut:

-Bawang merah
-Bawang putih
-Daun bawang
-Bakung


Umbi Akar
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah sebagai berikut:

-Dahlia
-Wortel
-Ketela pohon



Umbi Batang
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang adalah sebagai berikut:

-Ketela Rambat
-Kentang
-Gembili
-Gadung
-Talas
-Ubi Jalar


Geragih
Contoh tumbuhan bergeragih di atas permukaan tanah adalah sebagai berikut:

-Strawberry
-Pegagan
-Semanggi
-rumput teki


Akar Tinggal
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan rizoma (akar tinggal) adalah jenis jahe-jahean yaitu

-Jahe
-Kunyit
-Kunci
-Kencur
-Temu lawak

Baca Juga


Berdasarkan tempat tumbuhnya tunas kita dapat mengelompokkan tunas kepada dua kelompok yaitu tunas biasa dan tunas adventif.

Pengertian tunas biasa adalah=
tunas yang tumbuh pada bagian ketiak daun dan ujung batang tumbuhan induk. Contoh tumbuhan berkembang biak dengan tunas biasa / contoh tumbuhan tunas biasa adalah bambu, tebu, dan pisang.

Tunas yang tumbuh pada bagian ujung batang disebut juga dengan tunas terminal atau tunas apeks yang berperan dalam pertumbuhan tinggi tumbuhan. Sementara tunas yang tumbuh pada ketiak daun disebut juga dengan tunas lateral atau tunas samping yang berperan dalam pertumbuhan cabang, bunga, dan daun.

Sedangkan pengertian tunas adventif=
adalah tunas yang tumbuh pada bagian akar dan daun tumbuhan induk dimana bagian tersebut biasanya tidak ditumbuhi tunas, contohnya pada cocor bebek dan sukun.

Meskipun baru berkembang sebagai tumbuhan baru tunas disukai dan kerap dikonsumsi baik oleh hewan maupun manusia. Hal ini disebabkan serat-serat pada tunas belum sepenuhnya berkembang sehingga relatif lebih lunak dibandingkan tumbuhan yang sudah tua. Contohnya seperti tunas bambu atau yang dikenal dengan rebung yang biasanya diolah dengan cara disayur atau digulai, taoge yang merupakan tunas kacang hijau yang biasanya juga disayur atau dilalap, serta tunas kacang polong.

Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tunas dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami jenis tumbuhan berkembang biak dengan tunas ya ! 
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved