Manfaat Gandum dan Kandungan Gizi

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/mengonsumsi-gandum-bisa-mengecilkan.html



mengonsumsi gandum bisa mengecilkan munculnya efek beragam penyakit dikarenakan kaya serat serta vit. yang menyehatkan. untuk yang pingin berdiet , mengonsumsi bahan makanan ini jadi pilihan yang pas. Misalnya Menjadikannya sarapan supaya lebih sehat,

kita dapat ganti roti yang awal mulanya datang dari bahan protein tepung biasa menjadi protein dari bahan tepung gandum. yang di ketahui dapat menolong sistem metabolisme didalam tubuh.


faedah mengonsumsi gandum

gandum bukan sekedar bisa dibikin beragam bermacam type makanan, tetapi bahan makanan ini mempunyai faedah yang amat baik untuk tubuh. faedah gandum contohnya untuk mereka yang menderita penyakit jantung koroner, mengkonsumsi gandum bisa membantu menyembuhkannya. mengkonsumsi oatmeal yang kaya serat alami dapat menyerap air sangat banyak.

Karena memiliki kandungan folic acid yang dapat membantu mengurangi resiko jantung koroner. tak hanya itu dapat dipakai sebagai minyak pada makanan, karena gandum kaya minyak essential yang amat bagus untuk tubuh. untuk anda yang pingin berdiet, konsumsilah makanan roti atau sereal yang terbuat dari gandum, karena dapat bikin tubuh langsing, melancarkan pencernaan serta kurangi sembelit

kandungan zat didalam gandum

diketahui dari sebanyak penelitian bahwa gandum amat kaya vitamin, mineral, dan serat yang terdapat didalamnya. type pangan ini memiliki kandungan beragam senyawa fitokimia yakni senyawa kimia yang mempunyai dampak positif untuk kesehatan. tak hanya itu tanaman ini juga memiliki kandungan saponin, fitosterol, squalen, dan orisanol serta tokotrienol yang dapat turunkan kandungan kolestrol didalam darah. banyak memiliki kandungan kalsium, folic acid, vit. b6, vit. a serta e dan juga zat besi.


Berikut beberapa manfaat gandum untuk kesehatan:

1. Mempelancar pencernaan

Biji gandum mengandung komposisi serat yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa serat sangat membantu dalam menangani berbagai masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan berperan untuk mengikat lemak jenuh yang berasal dari makanan. Selain itu, kandungan lainnya adalah keberadaan komponen prebiotik yang sangat baik untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan. Prebiotik pada gandum berperan menunjang kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus. Dengan meningkatnya pertumbuhan bakteri baik tersebut, maka pertumbuhan bakteri patogen atau yang merugikan dapat dihambat.

2. Diet

Berbeda dengan nasi yang hanya tinggi karbohidrat namun rendah protein dan serat, biji gandum mengandung cukup karbohidratnya dan juga mengandung komponen gizi lain dengan kadar tinggi. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam gandum antara lain protein, serat, dan beragam mineral. Komposisi ini sangat baik sekali menjadikan gandum sebagai bahan pangan untuk program diet bagi orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan, juga terhadap sebagian orang yang terjangkit penyakit tertentu.

3. Baik untuk penderita jantung dan kolesterol

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa manfaat gandum lainnya adalah mampu mencegah penyakit jantung koroner. Seperti diketahui bahwa penyebab timbulnya penyakit jantung ini dikarenakan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung karena adanya kolesterol (LDL). Akibatnya, darah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru menuju jantung tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi rutin gandum kejadian tersebut dapat dihindari. Hal ini disebabkan karena pada gandum terdapat serat yang mampu mengikat kolesterol, dan langsung dibuang ke dalam saluran pembuangan (usus besar) tanpa diserap oleh usus halus. Gandum juga mengandung asam folat yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah.

4. Mencegah penyakit diabetes

Gandum yang telah diolah menjadi beragam produk pangan umumnya memiliki kandungan gula yang rendah. Bahkan kandungan gula dalam berbagai produk gandum masih lebih rendah jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya, seperti beras. Dengan begitu bagi anda yang mempunyai masalah dengan kadar gula darah seperti penderita diabetes,berbagai produk gandum dapat dijadikan alternatif dalam menu diet harian.Meskipun karbohidrat yang terkandung dalam gandum rendah, namun telah cukup untuk mensuplai energi untuk aktivitas sehari-hari anda. Terutama, baik untuk penderita diabetes tanpa takut merasa kuatir akan naikkan kadar gula darah.

Demikian Manfaat Gandum dan Kandungan Gizi semoga bermanfaat.

: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved