Contoh Hewan Berdarah Dingin

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2014/05/contoh-hewan-berdarah-dingin.html


Apa yang di maksud hewan berdarah dingin?


Hewan berdarah dingin juga disebut Poikiloterm adalah hewan yang suhu tubuhnya kira-kira sama dengan suhu lingkungannya.
Hewan Poikiloterm suhu tubuhnya dipengaruhi lingkungan. Suhu tubuh bagian dalam lebih tinggi dibandingkan dengan suhu tubuh luar.
sehingga hewan ini suhu tubuhnya di dalam lebih tinggi dari yang di luar, sementara suhu tubuh luarnya mengikuti suhu lingkungannya.

Contoh Hewan Berdarah Dingin
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang termasuk ke dalam hewan berdarah dingin adalah reptil, serangga, arakhnida, amfibi, dan ikan.
Reptil
 – Kadal dan ular merupakan beberapa contoh hewan berdarah dingin yang masuk dalam golongan reptil. Reptil merupakan jenis hewan berdarah dingin yang dapat bertahan hidup tanpa makan selama berhari-hari. Bahkan ular dapat bertahan hidup meskipun 3 bulan tidak makan. Beberapa jenis reptil akan melakukan hibernasi ketika musim dingin tiba.
Serangga
 – Semua jenis serangga masuk ke dalam golongan hewan berdarah dingin invertebrata. Serangga biasanya akan berpindah tempat untuk menyesuaikan suhu tubuh. Bahkan sering dijumpai sekelompok belalang akan melakukan migrasi dari tempat yang tandus menuju lokasi dengan suhu lingkungan yang dingin. (baca : hewan vertebrata dan invertebrata)
Arachnida
 – Arachnida merupakan hewan invertebrata yang termasuk hewan berdarah dingin. Laba-laba dan kalajengking adalah dua contoh hewan berdarah dingin. Hewan-hewan tersebut dapat bertahan pada suhu yang sangat dingin maupun panas.
Amfibi
 – Katak, buaya, dan kura-kura adalah beberapa jenis hewan amfibi berdarah dingin. Ketiga jenis hewan tersebut dapat hidup di dalam air maupun di darat. (baca : daur hidup katak)
Ikan
 – Ikan merupakan salah satu hewan vertebrata berdarah dingin. Ikan memiliki kemampuan menyesuaikan suhu tubuh dengan sangat baik. Pada saat siang hari, suhu tubuh ikan akan meningkat, sesuai dengan suhu tempat ia tinggal. Sedangkan pada malam hari, suhu tubuhnya akan menurun menyesuaikan lingkungannya yang dingin.

Contoh hewannya; bangsa ikan, bangsa reptil, dan bangsa amphibi(ikan, kadal, bunglon, buaya, katak dll)
Contoh Hewan Berdarah Dingin, Pada: Mei 15, 2014
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved