Ciri ciri Tanaman Kacang Hijau

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/07/ciri-ciri-tanaman-kacang-hijau.html

    

Ciri ciri Tanaman Kacang Hijau Botani Kacang Hijau

Ciri ciri Tanaman Kacang Hijau Berdasarkan klasifikasi tumbuhan, tanaman kacang hijau menempati kedudukan sebagai berikut  :
Division           :     Spermatophyta
Subdivision      :     Angiospermae
Kelas               :     Dicotyledoneae
Ordo                :     Leguminosae
Famili              :     Papilionaceae
Genus             :     Phaseolus
Spesies           :     Phaseolus radiatus

Ciri-Ciri Tanaman Kacang Hijau

Kacang hijau biasanya banyak ditanam di sawah dan ladang yang bertanah lembab serta cukup mendapat sinar matahari. Tanaman perdu berbatang basah ini tingginya 3 meter, batangnya bercabang tegak, bunga berbentuk kupu-kupu berwarna kuning kehijauan. Dari bunga itulah terbentuk polongan yang berisi 10 sampai 15 biji. Kacang hijau kulitnya hijau, biji putih serta dibuat taoge. Daunnya adalah daun majemuk yang terdiri dari tiga helai daun, berbentuk segitiga dan tulang daunnya menyirip.

Ciri ciri Tanaman Kacang Hijau Kandungan Gizi Kacang Hijau
Kacang hijau mempunyai nilai gizi yang cukup baik, mengandung vitamin B1 cukup tinggi (150 – 400 i.u) dan vitamin A (9 i.u). Kacang hijau yang sudah menjadi kecambah kaya kandungan vitamin E (tokoferol) yang penting sebagai anti oksidan, dalam mencegah penuaan dini, dan anti sterilitas. Kandungan protein kacang hijau mencapai 24 %, dengan kandungan asam amino esensiai seperti isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Kacang hijau mengandung karbohidrat sekitar 58 %. Pemanfaatan sifat fungsional dari patinya dapat dibuat sebagai tepung bahan berbagai bentuk makanan bayi sampai orang dewasa. Pati kacang hijau terdiri dari amilosa 28,8 %, dan amilopektin 71,2 %.
Kandungan gizi yang terdapat dalam kacang hijau, antara lain ; dalam 110 gram kacang hijau mengandung 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral berupa fosfor, zat besi, dan mg.

Demikian Ciri ciri Tanaman Kacang Hijau Semoga Bermanfaat.
Ciri ciri Tanaman Kacang Hijau, Pada: Juli 01, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved