Perbedaan Umbi Akar dan Umbi Batang

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/perbedaan-umbi-akar-dan-umbi-batang.html

Umbi merupakan satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu sebagai cadangan energi. Organ yang dimodifikasi bisa daun, batang atau akar. Bentuk modifikasi ini biasanya adalah pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat jelas terlihat. Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah. Tumbuhan memerlukan cadangan energi dalam umbi karena ia tidak bisa berpindah tempat untuk menemukan sumber energi baru.




Umbi merupakan hasil metamorfosis batang atau akar. Umbi dibedakan dalam:

– Umbi Batang (tuber caulogenum), jika umbi merupakan metamorfosis batang.
– Umbi Akar (tuber rhizogenum), jika umbi merupakan metamorfosis akar.

Umbi batang (tuber),

Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi. Umbi batang tersebut sebenarnya merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas.


Contoh tumbuhan umbi batang antara lain kentang dan ubi jalar. Jika kita menanam umbi batang, maka pada mata tunas akan tumbuh menjadi tunas muda yang merupakan tumbuhan baru. Pada mulanya, tunas muda mengambil makanan dari umbi batang, kemudian dari tunas muda itu akan tumbuh akar, batang, dan daun sehingga tumbuhan baru dapat melakukan fotosintesis sendiri. Merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi batang, biasanya dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae dan Asteraceae.


Umbi jalar (tuberous root),

Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar karena berisi cadangan makanan. Jika umbi akar ditanam bersama dengan pangkal batangnya, maka pada pangkal batang itu akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

Contoh tumbuhan umbi akar antara lain dahlia, wortel, lobak, dan singkong. Merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi akar. Ketela pohon/ubi kayu/singkong dan ubi jalar adalah contoh penghasil umbi akar. Jadi, perbedaannya adalah pada daerah yang menjadi modifikasi umbi saja, sedangkan fungsinya tidak berbeda jauh.

Baca Juga


Selain menggunakan umbi batang dan umbi akar, perkembangbiakan aseksual pada tumbuhan pun ada yang menggunakan umbi lapis. Contoh tumbuhan ini adalah bawang merah. Lapisan-lapisan bawang merah dinamakan dengan umbi lapis sebagai lapisan daun berdaging yang berperan sebagai juga sebagai simpanan cadangan makanan. Di antara lapisan-lapisan tersebut ditemukan tunas yang dinamakan dengan siung.

Itulah informasi singkat mengenai Perbedaan Umbi Akar dan Umbi Batang ini kami olah dari berbagai sumber.
Perbedaan Umbi Akar dan Umbi Batang, Pada: Januari 30, 2019
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved