Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor Yang Tepat

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/dosis-pemupukan-cabe-dengan-sistem.html

Budidaya cabe menjadi pilihan terbaik pada saat sekarang ini, bagaimana tidak? Harga cabe yang kini semakin melonjak naik mambuat para petani beralih untuk membudidayakan tanaman cabe ini. Memang dalam budidaya cabe membutuhkan keahlihan dan ketekunan kita serta ilmu dan wawasan tentang bagaimana cara budidaya cabai yang baik dan benar. Dengan demikian maka kita sudah memiliki satu peluang dan kesempatan untuk berhasil dalam budidaya cabe. Nah inilah kunci utama dalam memilih untuk menanam cabe, kerja keras, semangat, benyak belajar ilmu tentang bagaimana cara menanam cabe yang benar, dan lain sebagainya.



Dosis pemupukan sistem kocor sesuai umur tanaman cabe

1:pemupukan tanaman cabe umur 7 hari
Biasanya saya memberikan pupuk susulan pertama pada tanaman cabe Ketika umur 7 hari setelah tanam, dengan pupuk yang saya gunakan adalah campuran NPK MUTIARA/Ponska dan HNO4 nitrogen 36%:

Saya memberikan unsur hara nitrogen lebih banyak untuk pengocoran pertama karena tanaman dalam masa vegetatif membutuhkan unsur hara nitrogen lebih banyak untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Dosis pemupukan sistem kocor: campur merata pupuk NPK MUTIARA 6kg dan pupuk HNO4 satu bungkus/2kg campuran pupuk ini cukup untuk tanaman cabe 2 ribu pohon.

Baca Juga


Setelah pupuk tercampur merata ambil satu gelas kemudian larutkan dengan air 12liter dan kocorkan disekitar batang tanaman cabe setiap tanaman mendapatkan 200cc.

Biasanya saya menggunakan gelas bekas minuman teh Rio/200cc untuk takaran pupuk dan untuk takaran pengocoran.

Biasanya setelah 4/5 hari setelah pengocoran daun sudah kelihatan hijau.


2.pemupukan tanaman cabe umur 14hari
Jarak pengocoran pertama dan kedua adalah 7hari agar tanaman cepat subur : untuk pengocoran kedua pupuk yang digunakan adalah campuran NPK MUTIARA dan kno3 merah.

Untuk pengocoran kedua kita tidak menggunakan pupuk HNO4 kita ganti dengan pupuk KNO3 merah dengan kandungan unsur hara nitrogen,kalium,natrium dan boron.

Dengan menggunakan campuran pupuk NPK MUTIARA dan kno3 merah agar tanaman lebih subur dan batang tanaman menjadi kokoh serta untuk mempercepat perbungaan.

Dosis pemupukan sistem kocor :6kg pupuk NPK MUTIARA dan satu bungkus kno3 merah/2kg untuk tanaman cabe 2ribu pohon.caranya seperti pengocoran pertama.

3.Pemupukan tanaman cabe ke tiga
Jarak pengocoran ke2 dan ke 3 adalah 10 hari dan untuk pengecoran selanjutnya,, karena tanaman cabe sudah subur dan biasanya sudah mulai berbunga ketika melakukan pengocoran ke tiga :

Pupuk yang digunakan untuk pengocoran ke tiga adalah :
6kg NPK MUTIARA+2kg kno3 merah+ 2bungkus calsium.
Untuk pupuk calsium bisa menambahkan langsung satu sendok ke air 12 liter


4. Pengocoran tanaman cabe ke empat
Biasanya tanaman sudah mulai belajar berbuah saat pengocoran ke 4.

Dosis pupuk npk mutiara untuk cabe

Pupuk yang digunakan untuk pengocoran ke 4 adalah :
NPK MUTIARA 6kg+kno putih satu bungkus 2kg atau bisa jg menggunakan pupuk kcl lebih murah tapi unsur clor tinggi bisa meracuni tanaman jika memberikan dengan dosis yang tinggi.

Untuk pupuk calsium bisa menambah menjadi dua sendok karena untuk tanaman cabe keriting atau cabe besar sangat rakus terhadap unsur calsium.

Kekurangan unsur calsium menyebabkan daun pucuk menguning dan ujung buah busuk.

Jika tanaman belum subur/kurang subur setelah melakukan pengocoran ke 4 kita bisa melakukan pengocoran ke 5 dengan pupuk yang digunakan sama seperti untuk pengocoran ke 4 tapi unsur calsium harus diberikan lebih banyak.


saya melakukan pengocoran pada tanaman cabe sampai 4/5x tergantung pertumbuhan tanaman cabe tapi biasanya setelah melakukan pengocoran 4/5x tanaman sudah bisa menyerap pupuk dasar dan kita tidak perlu untuk melakukan pengocoran lagi karena kebutuhan unsur hara sudah tercukupi pupuk dasar.

Baca Juga


Tapi tanaman cabe belum tentu bisa tumbuh subur atau berbuah Lebat dengan hanya melakukan pemupukan saja karena tanaman cabe sangat rentan terserang hama maupun penyakit yang bisa merusak tanaman kita.

untuk itu pencegahan/pengendalian hama maupun penyakit harus dilakukan sejak tanaman masih kecil hingga sampai panen,agar kita bisa menikmati hasilnya karena tidak sedikit dari petani cabe yang gagal total akibat dari hama maupun penyakit.

Untuk dosis pemupukan cabe dengan sistem kocor ini sebenarnya tidak harus sesuai dengan apa yang saya terapkan, sekali lagi itu semua bergantung pada tingkat kesuburan tanah anda. Jika tanah sudah subur, maka cukup terapkan seperti apa yang saya lakukan, tapi jika tanah kurang subur, boleh ditambah dosisnya.

Dengan mengkocor tanaman cabe secara rutin tersebut, maka saya mendapatkan hasil yang luar biasa. Tanaman cabe saya jadi subur, buahnya banyak dan gembel, tidak mudah terserang hama dan penyakit. Sehingga saya dapat menikmati jerih payah selama ini dalam merawat tanaman cabe. Mudah-mudahan informasi singkat tentang Dosis Pemupukan Cabe Dengan Sistem Kocor ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved