Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cabe Merah

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2019/01/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-cabe.html

Cabai adalah kerabat lada dan termasuk dalam suku sirih-sirihan atau Piperaceae. Dikenal pula sebagai cabai solak (Madura) dan cabia (Sulawesi). Tumbuhan asli Indonesia ini populer sebagai tanaman obat pekarangan dan tumbuh pula di hutan-hutan sekunder dataran rendah (hingga 600m di atas permukaan laut). Tumbuhan ini produknya telah dikenal oleh orang Romawi sejak lama dan sering dikacaukan dengan lada. Di Indonesia sendiri buah keringnya digunakan sebagai rempah pemedas. Sebelum kedatangan cabai (Capsicum spp.), tumbuhan inilah yang disebut "cabe". Cabai sendiri oleh orang Jawa dinamakan "lombok". Cabai jamu dapat tumbuh di lahan ketinggian 0-600 meter di atas permukaan laut (dpl), dengan curah hujan rata-rata 1.259-2.500 mm/tahun.



Tanah lempung berpasir, dengan struktur tanah gembur dan berdrainase baik, merupakan lahan yang cocok untuk budidaya cabe jamu. Tanaman itu memiliki keunggulan dapat tumbuh di lahan kering berbatu. Keberadaan tanggul batu di pematang tegalan dapat dijadikan media merambatnya cabe jamu secara alami. Bentuk tanamannya seperti sirih, merambat, memanjat, membelit, dan melata. Daunnya berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkal daun berbentuk jantung atau membulat, ujung daun runcing dengan bintik-bintik kelenjar. buahnya majemuk bulir, bentuknya bulat panjang atau silindris, dan ujungnya mengecil. Buah yang belum tua berwarna kelabu, kemudian menjadi hijau, selanjutnya kuning, merah, serta lunak. Rasanya pedas dan tajam aromatis.


Klasifikasi tanaman cabai :

Devisi : Spermatofita

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dikotiledon

Ordo : Solanales

Famili : Solanaceae

Genus : Capsicum

Spesies : capsicum sp.

Morfologi tanaman cabai terdiri dari, morfologi daun, batang, akar, bunga, biji dan buah. Berikut ini adalah morfologi tanaman cabai :

Morfologi Tanaman Cabe Merah

a. Daun



Daun tanaman cabe sangat lah bervariasi menurut spesies dan varietasnya , ada daun yang memiliki bentuk oval loncong , bahkan ada yang lanset. Warna permukaan daun bagian atas hijau mudah , hijau , hijau tua , bahkan kebiruan . sedangkan permukaan daun bagian umumnya berwrana hijau mudah , hijau pucat dan hijau tua . Ukuran panjang pada daun sekitar 3-11 cm dengan lebar 1-5 cm .

b. Batang

Batang pada tanaman cabe akan tumbuh pada ketinggian tertentu saja, kemudian membentuk banyak cabang . Batang untuk cabe merah bisa biasanya ber ukuran antara 1- 2 m bahkan bisa lebih , batang ini berwarna hijau tua , hijau muda dan batang batang yang telah berwarna kecoklatan maka batang sudah mengalami kerusakan pada jaringan parenkim .

c. Akar

akar tanaman cabe merah memiliki akar yang sangat lah berserabut , Biasanya akar terdapat bintil-bintil yang hasil dari simbiosis dari beberapa mikroorganisme , tidak memiliki akar tunggang , tetapi memiliki akar tunggang semu .

d. Bunga

Bunga pada tanaman cabe merah sangat lah bervariasi , namun memiliki bentuk yang sama yaitu memiliki bentuk bintang . Bunga tumbuh di dekat bagian daun , dalam keadaan tunggal atau berkelompok dalam satu tandannya . Dalam satu tandan ( kelompok ) terdapat 2-3 bunga , sedangkan mahkota memiliki bermacam-macam warna yaitu putih , putih kehijauan , dan keungguan. Memiliki dia meter bunga antar 5 – 20 mm .

Baca Juga


Bunga tanaman cabe merupakan bunga yang sangat sempurna , karena bunga jantan dan bunga betina pemasakan di lakukan dengan waktu yang sama . Sedangkan penyerbukan tanaman cabe di bantu dengan angin yang memiliki kecepatan 10 – 20 km/jam .

e. Buah dan Biji

Buah cabe merupakan bagian yang sangat lah penting , memiliki warna yang sangat lah mencolok yaitu berwarna merah dan juga bewarna hijau mudah dan hijau mudah . Sedangkan biji di lakukan pada saat cabe sudah tua dan di lakukan pemetikan lalu di keringkan dan di lakukan persemaian.

Sekian artikel tentang Klasifikasi dan morfologi lengkap tanaman cabai, semoga dapat menjadi referensi bagi anda.
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved