MEMASANG SENDIRI KAMPAS REM CAKRAM SEPEDA MOTOR

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2018/12/memasang-sendiri-kampas-rem-cakram.html


Cara Mengganti rem cakram pada sepeda Motor
Sistem pengereman yang ada pada sepeda motor merupakan bagian paling penting yang harus mendapat perhatian paling besar. Komponen ini adalah komponen yang wajib  harus ada pada setiap kendaraan, termasuk juga pada sepeda motor. Hal ini dimungkinkan karena, sistem pengereman pada kendaraan sepeda motor terkait erat dengan keselamatan pengendara.




Pada setiap sepeda motor, setidaknya ada dua jenis sistem pengereman yang biasa digunakan. Yaitu sistem pengereman menggunakan tromol atau drum, dan sistem pengereman yang menggunakan cakram atau disc brake. Masing-masing sistem tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penghambat laju kendaraan hingga membuat putaran roda berhenti.

Pada setiap jenis sepeda motor, sistem pengereman menggunakan cakram banyak digunakan karena daya cengkeram rem cakram lebih maksimal dibanding rem tromol. Daya cengkeram ini sendiri didapat dari komponen kampas rem cakram. Daya cengkeram akan optimal jika kondisi kampas rem cakram masih bagus.

Memasang Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor. Namun, Semakin seringnya frekuensi penggunaan rem cakram, akan membuat kampas rem cakram  akan mengalami aus dan tipis. Jika tidak segera diganti, besi pada lapisan rem yang sudah aus tersebut akan bergesekan dengan cakram, sehingga akan membuat kerusakan pada cakram. Oleh karena itu, melakukan penggantian secara berkala wajib dilakukan agar kemampuan rem cakram bisa bekerja maksimal.

Baca Juga


Untuk mengganti Kampas Rem Cakram Sepeda Motor bisa dilakukan dengan pergi ke bengkel langganan Anda. Namun, bagi yang ingin mengganti Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor, sebenarnya ini bisa dilakukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa Tips dan Cara Mengganti Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor.

CARA MEMASANG KAMPAS REM CAKRAM MOTOR

Memasang Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor
Untuk mengganti kampas rem cakram yang sudah aus sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelumnya, siapkan kampas rem cakram baru, kunci 'L' bintang, kunci 8 dan obeng besar.




Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

A.Buka baut pegangan master rem bawah atau yang sering disebut pala babi oleh para mekanik di bengkel umum, gunakan kunci bintang

B.Setelah itu buka dua buah baut pegangan kampas rem menggunakan kunci L

C.Setelah itu kampas rem akan terlepas dari rumahnya, sekarang pencet dulu handel rem dua kali supaya piston yang menekan kampas rem akan sedikit keluar, lalu bersihkan body piston menggunakan amplas halus. Hal ini bertujuan supaya rem tidak macet dan sil didalam pala babi tidak rusak.

D.Setelah piston bersih silahkan tekan kedalam hingga piston kembali masuk kedalam pala babi

E.Tinggal pasang kampas rem lalu baut dengan baut L tadi.

F.Pasang pala babi di pegangannya, gunakan kembali kunci bintangnya

G.Setelah semua terpasang dengan sempurna tinggal pencet tuas remnya hingga kedua kampas tadi menjepit cakram dan rem sudah berfungsi dengan baik

Itulah sedikit Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Memasang atau Mengganti Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam Otomotif!
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved