histats

Senin, 01 Juli 2013

Manfaat Saponin




Fitokimia: 12 Manfaat kesehatan Saponin

Saponin adalah kelompok senyawa fitokimia disajikan dalam berbagai jenis tanaman, termasuk Phytosterols ditemukan berlimpah dalam almond, kacang mete, kacang tanah, biji wijen, biji bunga matahari, dll

Farmasi Dalam Sayuran
Gunakan ilmu di balik manfaat kesehatan dari sayuran
untuk meningkatkan kesehatan Anda, menunda penuaan dan menyembuhkan penyakit utama.



1. Kegemukan
Menurut studi "efek metabolisme lipid Korea ekstrak ginseng merah pada tikus diberi diet tinggi lemak." Oleh Song YB, An YR, Kim SJ, Taman HW, Jung JW, Kyung JS, Hwang SY, Kim YS. (Sumber dari Korea Ginseng Ginseng Perusahaan Research Institute, Yuseong-gu, Daejeon, Korea., © 2011 Society of Chemical Industry.) Diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa KRGE (Ginseng saponin dan ginsenosides mengerahkan) mengurangi kadar kolesterol, rendah -density lipoprotein kolesterol (LDL-C), trigliserida serum, dan indeks aterogenik. Kadar leptin, adiponektin dan insulin, yang mengatur glukosa dan metabolisme lipid, mengalami gangguan mendalam oleh HFD. Namun, pengobatan KRGE membawa tingkat ini kembali normal. KRGE ditemukan untuk down-mengatur gen yang terkait dengan metabolisme lipid atau metabolisme kolesterol yang semuanya up-diatur oleh HFD dan menyarankan bahwa KRGE mengatur ekspresi gen yang terkait dengan fisiologi normal melalui HFD. Leptin, insulin, dan adiponektin, yang melaksanakan fungsi penting dalam energi dan metabolisme lemak, yang terbukti dipengaruhi oleh KRGE. Hasil ini menunjukkan bahwa KRGE efektif dalam mencegah obesitas.

2. Kanker usus besar
Dalam sebuah studi tentang "Pengaruh saponin kedelai pada pertumbuhan sel kanker usus besar manusia." Oleh Tsai CY, Chen YH, Chien YW, Huang WH, Lin SH. (Sumber dari Sekolah Nutrisi dan Ilmu Kesehatan, Taipei Medical University, Taipei 110, Taiwan, Cina.) Diposting di PubMed, sel-sel kanker usus besar manusia diobati dengan 150, 300, 600 atau 1200 ppm saponin kedelai untuk menentukan efek pada sel pertumbuhan, morfologi sel, alkaline phosphatase (AP) dan kinase C (PKC) aktivitas protein, dan protein P53, c-Fos dan ekspresi gen c-Juni, peneliti menemukan bahwa saponin kedelai mungkin efektif dalam mencegah kanker usus dengan mempengaruhi morfologi sel, enzim proliferasi sel, dan pertumbuhan sel.

3. Kanker
Menurut studi "Saponin sebagai anticarcinogens" oleh Rao AV, Sung MK. (Sumber dari Departemen Ilmu Gizi, Universitas Toronto, Ontario, Kanada.), Diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa menunjukkan bahwa saponin kedelai pada konsentrasi 150-600 ppm memiliki tergantung dosis efek penghambatan pertumbuhan pada sel karsinoma manusia ( HCT-15). Viabilitas juga berkurang secara signifikan. Saponin kedelai tidak meningkatkan permeabilitas membran sel dengan cara yang tergantung dosis, sedangkan gypsophilla saponin, sebuah saponin nondietary, peningkatan permeabilitas dengan meningkatnya konsentrasi. Mikroskop elektron menunjukkan bahwa kedelai dan gysophilla saponin mengubah morfologi sel dan berinteraksi dengan membran sel dengan cara yang berbeda.

4. Antioksidan
Menurut studi "efek pelindung saponin kedelai dan antioksidan utama terhadap aflatoksin B1-induced mutagenesitas dan pembentukan DNA-aduk." Oleh Jun HS, Kim SE, Sung MK. (Sumber dari Departemen Pangan dan Gizi, Sookmyung Womens 'University, Seoul, Korea.), Diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa saponin kedelai menghambat AFB (1)-DNA pembentukan aduk dengan 50,1% pada konsentrasi 30 microg / ml, sedangkan asam L-askorbat dan BHT mengurangi pembentukan aduk dengan 38,4% dan 32,6%, masing-masing, pada konsentrasi sama. Hasil ini menunjukkan bahwa saponin kedelai tidak hanya memiliki aktivitas antimutagenik signifikan, namun tindakan penghambatan yang kuat terhadap kerusakan DNA yang diinduksi karsinogen. Saponin Kedelai mungkin memblokir tahap inisiasi karsinogenesis, dan studi lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan mekanisme tindakan.

5. Kanker Prostat
Dalam sebuah studi tentang "Pengaruh Antiproliferasi dan Mekanisme Apoptosis Kanker Prostat your PC-3 oleh Flavonoid dan Saponin Diolah dari Gynostemma pentaphyllum" oleh Cheng TC, Lu JF, Wang JS, Lin LJ, Kuo HI, Chen BH., Diposting di PubMed, Kedua peneliti menemukan bahwa flavonoid dan saponin fraksi diisolasi dengan metode kromatografi kolom dengan cosmosil 75C ¬ 18-OPN sebagai pelarut adsorben dan elusi etanol-air (30:70, v / v) untuk mantan dan etanol 100% untuk yang kedua , diikuti dengan analisis HPLC-MS-MS. Berdasarkan MTT, fraksi saponin dan flavonoid yang comparably efektif dalam menghambat pertumbuhan sel PC-3, dengan IC50 menjadi 39,3 dan 33,3  g / mL.

6. Sel hepatoma
Menurut "preparatif kromatografi flavonoid dan saponin di Gynostemma pentaphyllum dan efek antiproliferasi terhadap sel hepatoma." Dari Tsai YC, Lin CL, Chen BH. (Sumber dari Departemen Ilmu Pangan, Fu Jen University, Taipei, Taiwan.Copyright © 2010 Elsevier GmbH. All rights reserved.), Diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa kedua fraksi (mengisolasi flavonoid dan saponin dari Gynostemma pentaphyllum) lebih efektif terhadap sel Hep3B dari standar rutin dan ginsenosida Rb (3), dengan siklus sel ditangkap di fase G0/G1 untuk semua perawatan.

7. Aktivitas antijamur
Dalam sebuah studi tentang "Dua antijamur triterpenoid saponin aktif dari biji tanaman Lathyrus." Oleh
Khan NA. (Sumber dari Departemen Pascasarjana dan Penelitian di Kimia, RD Universitas Jabalpur, Jabalpur -. 482.001, MP, India), diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa saponin terisolasi diuji aktivitas antijamur mereka. Senyawa 1 menunjukkan inhibisi maksimal terhadap Colletotrichum dematium (77,8%), sedangkan senyawa 2 menunjukkan inhibisi maksimal terhadap Alternaria alternata (53,9%).

8. Properti anti-inflamasi
Menurut studi "Saponin Triterpenoid Anti-inflamasi dari Bark Stem dari Kalopanax Pictus" oleh Quang TH, Ngan NT, Minh CV, Kiem PV, Nhiem NX, Tai BH, Thao NP, Tung NH, Lagu SB, Kim YH. (Sumber dari College of Pharmacy, Chungnam National University, Daejeon 305-764, Korea) diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa 10 senyawa yang diketahui (6-15), diisolasi dari kulit batang Kalopanax Pictus. Senyawa 1-5 dan 7-14 menghambat TNF-induced aktivitas transkripsi NF-eB di HepG2 sel dengan cara yang tergantung dosis, dengan IC (50) nilai mulai dari 0.6to 16,4 pM. Selain itu, fungsi penghambatan transkripsi senyawa ini dikonfirmasi atas dasar penurunan COX-2 dan ekspresi gen iNOS di HepG2 sel. Hubungan struktur-aktivitas senyawa sehubungan dengan aktivitas anti-inflamasi juga dibahas.

9. Sel adenokarsinoma lambung.
Dalam sebuah studi tentang "saponin Astragalus memodulasi invasi sel dan angiogenesis pada sel adenokarsinoma lambung manusia" oleh Auyeung KK, Woo PK, Hukum PC, Ko JK. (Sumber dari Pusat Kanker dan Peradangan Research, School of Medicine Cina, Hong Kong Baptist University, Hong Kong, Cina, © 2011 Elsevier Ireland Ltd All rights reserved.), Diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa AST (Astragalus saponin) berasal dari tanaman obat Astragalus membranaceus bisa memodulasi invasi dan angiogenesis sel AGS selain kegiatan pro-apoptosis dan anti-proliferasi nya. Temuan ini juga menunjukkan bahwa AST memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi agen kemoterapi efektif dalam mengobati kanker lambung maju dan metastasis.

10. Diabetes tipe II
Menurut studi "asam Platyconic, sebuah saponin dari Platycodi radix, meningkatkan homeostasis glukosa dengan meningkatkan sensitivitas insulin in vitro dan in vivo" oleh Kwon DY, Kim YS, Ryu SY, Choi YH, Cha MR, Yang HJ, Taman S. (Sumber dari Divisi Riset Makanan Fungsional, Korea Food Research Institute, Sungnam, Korea), diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa PA meningkatkan akumulasi glikogen dan penurunan penyimpanan triasilgliserol dalam hati, yang dikaitkan dengan peningkatan hepatik sinyal insulin, sedangkan PA potentiated ekspresi adiponektin dan PPAR-γ dalam jaringan adiposa, dan peningkatan sinyal insulin dan meningkatkan GLUT4 translokasi ke membran dan menyarankan bahwa PA meningkatkan homeostasis glukosa pada tikus diabetes tipe 2, antara lain dengan meningkatkan hati dan sensitivitas insulin adipocyte, mungkin dengan mengaktifkan PPAR-γ.

11. Respon imun
Dalam sebuah studi tentang "Peningkatan respon imun humoral terhadap penyakit Newcastle tidak aktif dan vaksin flu burung dengan pemberian oral ginseng saponin batang-dan-daun pada ayam" oleh Zhai L, Li Y, W Wang, Hu S. (Sumber dari Departemen Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Hewan, Universitas Zhejiang, Hangzhou, Zhejiang 310.058, Cina), diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa GSLS secara signifikan meningkatkan tingkat antibodi terhadap ND dalam serum ayam. Dalam percobaan 2, rejimen yang sama dari GSLS diberikan kepada ayam diinokulasi dengan vaksin AI dilemahkan, dan respon antibodi serum ditingkatkan untuk AI vaksinasi juga diamati. Mengingat keselamatan GSLS, karena tidak ada efek samping yang ditemukan di seluruh percobaan, GSLS mungkin adjuvant lisan menjanjikan untuk meningkatkan imunisasi pada unggas.

12. Testosteron 5α-reduktase
Menurut studi "kegiatan hambat Flos Puerariae terhadap testosteron 5α-reduktase dan kegiatan promosi pertumbuhan rambut yang" oleh Murata K, K Noguchi, Kondo M, Onishi M, N Watanabe, Okamura K, Matsuda H. (Sumber dari Fakultas Farmasi, Universitas Kinki, 3-4-1 Kowakae, Higashiosaka, Osaka, 577-8502, Jepang), diposting di PubMed, peneliti menemukan bahwa 50% ekstrak etanol Flos Puerariae (PF-ext) menunjukkan aktivitas penghambatan 60,2% pada 500 mg / ml terhadap testosteron 5α-reduktase. Menariknya, itu lebih kuat daripada Puerariae Radix (akar Pueraria lobata). PF-ext juga menunjukkan in vivo aktivitas anti-androgenik menggunakan alat tes pertumbuhan rambut testosteron-sensitif tikus galur C57Black/6NCrSlc pria dan saponin, termasuk soyasaponin I dan kaikasaponin III, untuk menjadi komponen aktif dalam PF-ext. Selain itu, rambut kegiatan promosi pertumbuhan pada tikus C3H/He pada 2 mg / mouse / hari administrasi topikal PF-ext ditunjukkan.

13. Dan lain-lain

1 komentar:

  1. Saponin bisa untuk mengurangi emisi metana pada ruminansia nggak?
    terus tadi yuli baca, kok saponin beracun yyyaaa?
    mohon penjelasannya... :-)

    BalasHapus