Manfaat Kulit Jeruk

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2017/01/manfaat-kulit-jeruk.html




Bukan rahasia lagi, jeruk merupakan buah yang sangat kaya Vitamin C. Namun, tahukah Anda kalau manfaat jeruk juga berasal dari kulitnya?
Jeruk sendiri memiliki nilai yang baik untuk kebutuhan gizi manusia sebagai sumber vitamin C, manfaat buah jeruk tersebut mampu memberikan asupan vitamin C yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh. Buah jeruk memang tidak usah diragukan lagi manfaatnya, namun bagian kulitnya menyimpan manfaat yang tidak terduga. Berikut adalah daftar manfaat kulit jeruk yang mungkin belum anda sadari dan sangat mengejutkan.

1.Menurunkan Kadar Kolesterol
Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan flavon yang terdiri dari zat polymethoxylate dan hesperidin. Departemen Pertanian AS dan perusahaan Nutraceutical KGK Synergize telah melakukan penelitian bahwa kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

2.Mencegah Pertumbuhan Sel Kulit
Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam kulit jeruk berperan untuk membantu vitamin C dan antioksidan untuk bekerja lebih efisien. Flavonoid di dalamnya juga mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menghambat pasokan makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel kanker.

3.Mengatasi Perut Mulas
Anda menderita sakit maag kronis? dengan bantuan kulit jeruk alami, dapat menyingkirkan mulas dengan seketika. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia aktif dalam kulit jeruk membantu meringankan mulas. Ketika digunakan selama 20 hari, penderita bisa mendapatkan bantuan tambahan untuk meringankan penyakit maag.

Baca Juga


4.Memperbaiki kondisi pernapasan
Perasan jeruk penuh dengan vitamin C, merupakan pendorong peningkatan kekebalan sistem imunitas tubuh. Antioksidan dalam jeruk khususnya vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti gejala penyakit bronkitis, pilek, flu, gejala penyakit asma dan paru-paru.

5.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang ada di dalam kulit jeruk mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara membantu memproduksi sel darah putih yang berperan sebagai sistem imun.


6.Menenangkan Pikiran
Aroma menyegarkan yang dimiliki oleh kulit jeruk mempunyai efek untuk menenangkan pikiran sehingga dapat membuat tubuh hingga pikiran menjadi rileks dan membuat tubuh terhindar dari rasa stres.

7.Sakit Kepala
Kulit jeruk bisa digunakan sebagai aromaterapi yang menangani sakit kepala hingga depresi.

8.Meringankan Bronkitis
Penyakit bronkitis adalah salah satu penyakit yang sangat menyakitkan dan sulit untuk ditangani. Dengan meminum kulit jeruk dengan rutin maka ia dapat membantu menyembuhkan infeksi serta memiliki efek yang menenangkan.


Tips Konsumsi Kulit Jeruk

Jika anda ingin mengkonsumsi kulit jeruk ada baiknya membaca dan menyimak tips di bawah ini.
1.Cuci kulit jeruk tersebut sampai bersih.
2.Potong menjadi potongan kecil.

Yang terakhir, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kulit jeruk dalam bentuk ekstrak kulit jeruk yang sudah banyak dijual di pasaran. Sebelum mengkonsumsi atau mengolahnya pastikan bahwa telah mencucinya hingga bersih karena pada permukaan kulit jeruk terkena paparan zat pupuk kimia, paparan lilin, inteksida, bakteri, kuman dan virus yang terbawa oleh angin.

Namun, jika ingin mengkonsumsi kulit jeruk secara langsung sebaiknya konsumsilah kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin karena mempunyai rasa yang lebih manis dibandingkan dengan jenis kulit jeruk lainnya. Tetap konsumsilah secara bijaksana dan harus dengan cara yang tepat.
Manfaat Kulit Jeruk, Pada: Januari 29, 2017
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved