Keistimewaan Adas Bagi Kesehatan

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2016/02/keistimewaan-adas-bagi-kesehatan.html

Keistimewaan adas bagi kesehatan. Adas merupakan jenis tumbuhan rempah yang mempunyai manfaat sebagai tumbuhan untuk pengobatan, fungsi utama adas sebagai bumbu dapur. Adas merupakan tumbuhan yang masuk tergolong dalam jenis tumbuhan semak. Penyebarannya diperkirakan pertama kali didaerah laut tengah. Tanaman yang mempunyai nama latin Foeniculum vulgare mill ini bisa mempunyai umur yang cukup panjang.



Ciri_ciri tumbuhan adas yaitu :

Tumbuhan adas memiliki tinggi 50cm-2 meter.

Mempunyai struktur batang yang merumpun, setiap rumpun umumnya terdiri dari 3-5 batang.

Batang mempunyai warna hijau kebiru-biruan, bentuk batang beralur, beruas, serta berlubang. Bila batang dipanaskan akan mengeluarkan aroma wangi yang khas.

Daun adas berkembang mencapai 40cm, posisi daun saling berseling, majemuk ganda dua serta sirip-sirip yang sempit, bentuk jarum, ujung serta pangkal daun runcing, bagian tepi daun rata, berselubung serta berwarna putih.

Susunan bunga adas berbentuk majemuk serta terdiri dari 6-40 gagang bunga, panjang gagang bunga 5-10cm, mahkota bunga berwarna kuning serta tumbuh keluar dari ujung batang.



Tumbuhan adas mempunyai buah berbentuk lonjong, berusuk serta panjang 6-10mm serta lebar 3-4mm.

Buah berwarna hijau bagi yang masih muda serta coklat tua untuk buah yang telah matang ( intinya warna buah adas relative, ini faktor dari asal tumbuhan adas tersebut berasal).

Bagi buah yang sudah tua, maka akan mengeluarkan aroma khas, bila anda mencicipi buah adas, seperti anda merasakan kamfer.


Khasiat tumbuhan adas

Keistimewaan Adas Bagi Kesehatan
Pada buah adas terkandung minyak atsiri, kandungan ini yang menyebabkan buah adas mempunyai aroma yang khas. Minyak yang bersumber dari buah ini sering  dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan minyak telon.

Khasiat Buah Adas Bagi Kesehatan
Unsur yang terdapat dalam buah adas bisa merangsang kerja organ pencernaan, mengatasi buang angin, bisa menghangatkan tubuh, dan mengencerkan dahak, meningkatkan nafsu makan, insomnia, serta melancarkan haid. biji buah adas juga dapat digunakan untuk pengobatan dalam mengatasi batu ginjal. Unsur serta senyawa pada minyak adas dapat membantu meluruhkan batu ginjal serta mengeluarkannya melalui saluran pencernaan.

Baca Juga


Sekian ulasan tentang keistimewaan adas bagi kesehatan, semoga dapat membantu wawasan anda. Selain disebutkan diatas, tentunya masih banyak khasiat yang terdapat dalam adas untuk pengobatan. 
Keistimewaan Adas Bagi Kesehatan, Pada: Februari 03, 2016
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved