Ciri ciri Tanaman Singkong

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-tanaman-singkong.html



 

Ciri ciri Tanaman Singkong Singkong, mungkin anda sudah sangat akrab mendengar nama ini.Namun mungkin juga  tidak akrab dengan singkong pada lidah Anda.


Ciri ciri Tanaman Singkong Singkong identik dengan makanan pedesaan, hanya biasa tersaji di meja sederhana milik petani.Ada istilah “Anak singkong”, yang berarti anak petani dari desa yang selalu hidup sederhana.Namun jangan salah, berkat kemajuan industri masa kini, singkong sudah naik derajat menjadi makanan cemilan olahan yang enak dilidah.Berbagai makanan olahan dari singkong kini sudah banyak yang mengihiasi etalase supermarket modern.

Baca Juga


Singkong
Manihot esculenta Crantz

Klasifikasi
Kingdom    : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi       : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas       : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas   : Rosidae
Ordo        : Euphorbiales
Famili       : Euphorbiaceae 
Genus       : Manihot
Spesies     : Manihot esculenta Crantz
Kerabat Dekat    : Singkong Karet

Deskripsi
Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.
Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

 Akar
Tanaman singkong mempunyai sistem perakaran serabut yang terspesialisasi, yaitu akar yang dapat berubah bentuk kaarena berbeda dengan fungsi asal. Akar berwarna putih kekuningan, panjang akar  30cm,  panjang rambut akar 50cm, termasuk tumbuhan dikotil, akar menggembung berisi cadangan makanan.

 Batang
Permukaan batang berwarna coklat, dalam batang berwarna putih kekuning-kuningan, memiliki diameter selebar 2-4cm, batangnya beruas-ruas.

Baca Juga


Daun
Permukaan daun rata, tulang daun menjari, jenis daun tunggal, bentuk daun  lingkaran, daun berwarna hijau (berklorofil), tangkai daun berwarna merah, ujung daun lancip, tangkai daun panjang, berwarna kemerahan.

 Bunga
Bunga berukuran sangat kecil, berwarna putih, kelopak berjumlah 5 buah berwarna hijau dan berukuran lebih besar dari ukuran bunga, bunga tidak memiliki alat kelamin jantan maupun betina.


e)  Umbi
Umbi memiliki diameter 2-5cm, panjang  20-60cm,  daging umbi berwarna putih/ kekuning-kuningan, kulit umbi berwarna coklat, dagingnya bergetah

Kandungan Gizi Sinkong - Cassava  Ukuran 100 gr (100 g)

Jumlah per Porsi
Kalori 131 dari Lemak 2.70
% Nilai harian*
Total Lemak 0.30 g 0.5 %
  Lemak Jenuh 0.100 g  0.5 %
Kolesterol 0 mg 0.0 %
Sodium 2 mg 0.1 %
Total Karbohidrat 31.90 g 10.6 %
  Diet Serat 1.5 g 6.0 %
Protein 1.10 g 2.2 %
  Vitamin C 50.0 %
  Vitamin B1 Thiamin 8.7 %
  Vitamin B2 Riboflavin 1.2 %
  Vitamin B3 Niasin 3.0 %
  Vitamin B5 Asam Pantotenat acid 2.9 %
  Vitamin B6 14.5 %
  Kalsium 1.9 %
  Besi 4.4 %
  Kalium 6.9 %
  Fosfor 7.0 %
  Magnesium 2.5 %
  Seng 2.0 %
  Tembaga 2.5 %
  Mangan 5.5 %
  C Sistein 4.4 %
  F Fenilalanin 2.4 %
  I Isoleusin 1.6 %
  K Lisin 1.7 %
  L Leusin 1.2 %
  M Metionin 1.7 %
  T Treonin 2.2 %
  Tirosin 1.6 %
  V Valin 1.5 %
  W Triptofan 5.4 %
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Jumlah total lemak Kurang dari 65g
Lemak jenuh Kurang dari 20g
Kolesterol Kurang dari 300mg
Sodium Kurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat 300g
Diet Serat 25g
source : http://manycalories.com/id

1. Nutrition and You pernah menulis bahwa singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat dari kentang. Tak heran mengingat singkong merupakan salah satu makanan pokok yang kaya akan karbohidrat. Dalam 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, sebagian besar terdiri dari sukrosa.


2. Singkong merupakan sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Peran riboflavin ini membantu pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.


3. Ingin makanan yang rendah lemak selain sereal dan kacang-kacangan? Konsumsilah singkong! Singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan ubi, kentang dan pisang. Tentu ini cocok bagi Anda yang sedang berlatih daya tahan otot.


4. Singkong mengandung banyak mineral penting bagi tubuh, diantaranya seng, magnesium, tembaga, dan besi. Bahkan jumlah kalium pada singkong cukup memenuhi kebutuhan tubuh.


5. Mengobati berbagai penyakit antara lain reumatik, demam, luka, diare, cacingan, sakit kepala bahkan meningkatkan stamina.

Ciri ciri Tanaman Singkong Demikian Manfaat Singkong dan Kandungan gizi semoga bermanfaat.
[html]
Ciri ciri Tanaman Singkong, Pada: Mei 18, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved