Manfaat Buah dan Daun Ciplukan

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/manfaat-buah-dan-daun-ciplukan.html




Ciplukan atau physallis peruviana.L memang tidak memiliki nama dalam bahasa Indonesia. Justru dalam bahasa daerah banyak istilahnya. Mulai dari ceplokan, keceplokan, ciciplukan, kopok-kopokan (Bali), cecendet, cecenet (Sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan lapunonat (Tanimbar, Seram).
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak semusim, yang tergolong sebagai tanaman liar. Ciplukan bisa Anda temukan di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek. Seperti pinggir selokan, pinggiran rel keretaapi, pinggir-pinggir kebun, dan lereng-lereng tebing sungai. Bisa tumbuh pada ketinggian 0-1.800 meter di atas permukaan laut.

Zat yang terkandung dalam ciplukan  :

Chlorogenik acid, C27H44O-H2O, Asam sitrun dan fisalin, Buah mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, sedangkan bijinya mengandung Claidic acid

Manfaat Tanaman Obat Ciplukan untuk mengobati:

Hipertensi.
 Sediakan 5 gram brankas (herba kering) ceplukan dan masukan kedalam air 110 ml. Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk selanjutnya saring dan biarkan sampai dingin. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100 ml. Sebagai perhatian, air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam tidak boleh diminum karena sudah rusak;

Kencing Manis.
 Untuk mengobati kencing manis, sediakan 10 gram brankas ciplukan dan air 400 ml. Cara pembuatan ramuan dan aturan pemakaiannya sama dengan untuk mengobati hipertensi;

 Bisul.
 Untuk mengobati bisul, sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 lembar daun sirih, dan sedikit garam. Campurkan semua bahan tersebut dan diremas-remas hingga menjadi lembut. Oleskan sekitar bisul. Bisul akan cepat pecah dan cepat kering;

 Borok. 
Ambil 1 genggam daun ciplukan dan tambahkan 2 sdt air kapur sirih. Tumbuk sampai halus, lalu tempelkan ke bagian yang sakit; 

Gusi Berdarah. 
Karena kaya vitamin C, buah ciplukan bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi berdarah, caranya, makanlah 30 buah ciplukan segar setiap hari.

Penyakit Paru Paru,
 Rebus tanaman obat ciplukan lengkap semua bagian dengan 3-5 gelas air sampai mendidih kemudian saring dan diminum 3x sehari satu cangkir.

Penyakit Ayan,
 Makan 8-10 buah ciplukan setiap hari.

Sariawan, 
Makan 30 buah ciplukan segar setiap hari, buah ciplukan ini kaya akan vitamin C.

Hipertensi,
 Rebus 5 gr herba kering ciplukan dengan 110 ml air selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk, lalu saring dan biarkan dingin. Minum air rebusan itu 2x sehari pagi dan sore hari. Jangan diminum air rebusan yang sudah lebih dari 24 jam karena sudah rusak.

Kencing Manis,
 Rebus 10 gr ciplukan kering dengan 400 ml air,  lalu saring dan biarkan dingin. Minum air rebusan itu 2x sehari pagi dan sore hari. Jangan diminum air rebusan yang sudah lebih dari 24 jam karena sudah rusak.

Flu dan Sakit Tenggorokan,
 Ambil semua bagian ciplukan, potong potong 3-4 cm dan dijemur. Bungkuslah agar tak lembap. Rebus 9-15 gr dengan air secukupnya dan diminum 2x sehari, pagi dan sore hari.

Bronkitis dan Sakit Gondong, 
Ambil semua bagian ciplukan, potong potong 3-4 cm dan dijemur. Bungkuslah agar tak lembap. Rebus 9-15 gr dengan air secukupnya dan diminum 2x sehari, pagi dan sore hari.

Demikian Manfaat Buah dan Daun Ciplukan Semoga bermanfaat.
Manfaat Buah dan Daun Ciplukan, Pada: Mei 22, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved