Manfaat Kayu Cendana.

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2014/05/manfaat-kayu-cendana.html




Mengenal Kayu Cendana.
Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya.
Untuk tanaman atau pohon sebagai inangnya dapat digunakan saat di persemaian atau inang primer seperti tumbuhan krokot atau Alternanthera, Crotalaria Juncea atau orok-orok, dan Deamanthus Virgatus. Kemudian saat ditanam dilapangan beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan inang sebagai inang skunder adalah tanaman Johar, Turi, dan Lamtoro. Namun berdasarkan kebutuhan inang dan wilayah untuk Cendana, wilayah Nusa Tenggara dan Bali merupakan wilayah yang paling cocok untuk ditanami Cenana. Pada umumnya wilayah NTT merupakan wilayah yang terbaik karena wilayahnya berbatu serta iklim yang cocok.
Kayu cendana memiliki nama latin Santalum album L yang termasuk dalam keluarga Santalaceae yang dapat tumbuh hingga 8 sampai 12 meter tingginya. Kayu cendana memiliki kayu yang keras, yang biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan ukiran kayu, dan juga memiliki aroma yang harum.

Manfaat Kayu Cendana.
  Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad.
Cendana memiliki beberapa kandungan seperti minyak atsiri, hars, dan zat samak. Kandungan minyak atsiri pada cendana terdiri dari santalol (seskuiterpenalkohol), santalen (seskuiterpena), santen, santenon, santalal, santalon, dan isovalerilaldehida. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan
Demikian manfaat kayu cendana semoga bermanfaat.
Manfaat Kayu Cendana., Pada: Mei 15, 2014
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved