Manfaat Kayu Manis

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/06/manfaat-kayu-manis.html




Cinnamomum burmani atau biasa dikenal sebagai kayu manis biasanya sering digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pelengkap dalam proses pembuatan kue atau bumbu penyedap masakan.manfaat-kayu-manis.
Di balik rasanya yang pedas, agak manis, wangi dan hangat ternyata kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan sehingga biasanya kayu manis juga digunakan sebagai salah satu bahan dalam industri jamu.

Sebagian besar bagian dari kayu manis, yaitu daun, batang, akar dan kulit bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
Kayu manis diketahui mengandung bahan kimia berupa minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar dan zat penyamak.

Dalam penelitian yang diterbitkan peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat di Maryland, kayu manis diperoleh mengurangi Perkecambahan sel kanker leukemia dan limfoma, selain memiliki efek antipembekuan darah.

Melalui penelitian di Universitas Kopenhagen pula, pasien yang mengidap artritis diberi setengah sendok teh bubuk kayu manis dikombinasikan dengan satu sendok madu setiap pagi sebelum sarapan.

Setelah seminggu, ditemukan pasien dapat merasakan perbedaan yang nyata dan bisa berjalan tanpa rasa sakit dalam periode satu bulan.

Bila ditambahkan pada makanan, kayu manis dapat membatasi pertumbuhan bakteri dan kerusakan makanan, menjadikannya pengawet makanan alami.

Satu studi menemukan bau kayu manis juga memiliki manfaat saat ia mampu meningkatkan fungsi kognitif dan memori selain sumber makanan yang kaya mineral, serat, besi dan kalsium.

Untuk setiap 5,2 gram kayu manis atau bersamaan dua sendok teh, ia memiliki 45.5 persen mineral, 11 persen serat dan 5.2 persen kalsium.

Peneliti di Universitas Negeri Kansas, menunjukkan bahwa kayu manis mampu melawan bakteri E. coli dalam jus yang tidak dipasteur.

Jika dicampur bersama teh hijau, kayu manis juga tersedia memiliki efek yang mampu mengontrol berat badan secara alami.

Rempah tersebut juga terbukti efektif untuk mengontrol rasa sakit senggugut di mana ia mengandung kimia alami yang disebut cinnamaldehyde.

Penelitian menunjukkan cinnamaldehyde meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi produksi testosteron pada wanita, membantu untuk menyeimbangkan hormon.

Namun bagi mereka yang mau mencoba efektivitas kayu manis, mereka perlu memastikan efek samping sapuan atau pengambilan kayu manis dengan mendapatkan nasihat dokter atau mencobanya sedikit terlebih dulu, untuk menghindari masalah alergi.

Demikian Manfaat Kayu Manis semoga bermanfaat.
Manfaat Kayu Manis, Pada: Juni 01, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved