Manfaat Jeruk Nipis

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/06/manfaat-jeruk-nipis.html




anfaat-jeruk-nipis  Karena jeruk nipis mengandung banyak Vitamin C yang baik untuk tubuh kita jadi alangkah baiknya jika kita membiasakan mengkonsumsi Jeruk Nipis setiap hari, dan cara yang tepat dalam mengkonsumsinya adalah dengan Air hangat. Karena mengkonsumsi jeruk nipis dengan air hangat di pagi hari dapat membersihkan racun dalam tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi jeruk nipis dengan air hangat juga dapat menaikkan PH dalam tubuh , terutama urine, dan ini sangat baik untuk memaksimalkan kinerja ginjal sehingga bisa mengeluarkan Toksin dengan tuntas.
Vitamin C dan bioflavonovid dalam jeruk nipis juga berfungsi untuk memperbaiki daya tahan tubuh, antioksidan , dan dapat mencegah munculnya kanker. 
Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis yaitu Linalool, minyak terbang Limonene dan flavonoid, seperti Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Pada buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Fosfor, Besi, serta Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan Asam sitrat yang dikandungnya dapat mencegah kambuhnya pasian setelah operasi batu ginjal.

Manfaat Jeruk Nipis Ada beberapa tips mengenai manfaat jeruk nipis ini dari Ibu Hj. Sarah Kriswanti, salah seorang herbalis di Bandung, dan Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia), simak selengkapnya dibawah ini:
1.Manfaat Jeruk Nipis  Meningkatkan kinerja pencernaan
Mengkonsumsi jeruk nipis yang dicampurkan pada segelas air hangat akan memberikan dampak baik pada proses pencernaan. Ini merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh, sehingga membantu Anda tetap sehat dan aktif.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamn C yang tedapat pada tanaman ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat akan menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

3. Menghambat Penuaan 
Manfaat Jeruk Nipis Kandungan Vitamin C dari jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan alami. Sehingga tubuh akan mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda.Jika ingin awet muda, maka minum segelas jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan akibat penuaan dini.

4. Menurunkan berat badan
Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan. 

5. Mengobati batuk
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

6. Manfaat Jeruk Nipis Menyembuhkan batuk disertai Influenza
Caranya, potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

7. Mengobati Demam atau Flu
Cara pertama:
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara kedua:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

8. Menyembuhkan radang tenggorokan
Caranya, Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam akibat Malaria
Caranya adalah, dengan menyediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

10. Melebatkan Rambut
Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

11. Mengobati Ambeien
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

12. Menyembuhkan Amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

13. Menobati Batu Ginjal
Cara: Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.


14. Anyang-anyangan
Cara: Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali. 

15. Vertigo
Cara: Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

Demikian Manfaat Jeruk Nipis SEMOGA BERMANFAAT.
Manfaat Jeruk Nipis, Pada: Juni 01, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved