Manfaat Melinjo.

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/manfaat-melinjo.html



Melinjo (Gnetum gnemon Linn) adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (gymnospermae) yang berbentuk pohon. Pohon ini banyak terdapat di Indonesia, sehingga diyakini bahwa pohon melinjo adalah asli Indonesia, dugaan ini terjadi karena melinjo konon katanya hanya bisa tumbuh di Asia Tenggara.

Peneliti dari Universitas Jember, Tri Agus Siswoyo, menilai bahwa aktivitas antioksidan biji melinjo setara dengan vitamin C. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton, protein tersebut sangat efektif untuk menghabisi radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini, dll.


Melinjo  memiliki nama latin Gnetum gnemon Linn. Sebenarnya melinjo ini pun memiliki banyak nama, Seperti misalnya dalam bahasa sunda disebut tangkil, bahasa jawa disebut belinjo, bahasa melayu disebut bago.


Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Melinjo
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun melinjo di antaranya saponin dan flavonoid, sedangkan bijinya mengandung tanin, saponin, dan flavonoid. Efek farmakologis melinjo di antaranya sebagai peluruh kencing.


Khasiat dan Manfaat Melinjo

1. Peluruh air  seni
Kukus 50 g kulit buah melinjo segar, lalu makan sekaligus.

2. Digigit anjing
Cuci bersih buah melinjo muda atau daun secukupnya, 2 siung bawang putih atau bawang merah, dan 1 jari temulawak. Tumbuk halus semua bahan hingga menjadi bubur, lalu balurkan pada luka gigitan anjing.

3. Penyakit mata, anemia dan busur lapar
Makan daun dan buah melinjo yang telah dimasak atau disayur.

Manfaat dan Khasiat Melinjo. Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua.



Manfaat Melinjo., Pada: Mei 02, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved