Manfaat Buah Kelengkeng dan Kandunganya

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/manfaat-buah-kelengkeng-dan-kandunganya.html




Manfaat buah kelengkeng ini memang sangat banyak, itu disebabkan karena beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan gizi tersebut adalah sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, phosphorus, karbohidrat, dan beberapa kandungan lainnya yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk itu mengkonsumsi buah kelengkeng ini juga sangat disarankan, namun bagi anda yang menderita penyakit diabetes tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsi karena kandungan gula yang cukup tinggi.


Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5-20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.


KANDUNGAN GIZI LENGKENG
 – KELENGKENG PER100 GRAM :
kalori 60 kcal
15 grams karbohidrat
1.3 grams protein
1.1 gram serat
83 grams air
Vitamin B1 (Thiamine) 0,031 mg
Vitamin B2 (riboflavin) 0,14 mg
Vitamin B3 (Niasin) 0,3 mg
Vitamin C 84 mg
Kalsium 1 mg
Besi 0,13 mg
Mangan 0,05 mg
Magnesium 10 mg
Fosfor 21 mg
Kalium 266 mg
Seng 0,05 mg


Lengkeng juga mengandung sukrosa,glukosa,protein,lemak,vitamin A,B, dan banyak lagi.Batu bijinya mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino.Dan biji lengkeng bisa dimanfaatkan untuk shampo,seperti halnya lerak.
Manfaat ini diperoleh berkat kandungan saponinya, yakni zat yang berasal dari tumbuhan yang larut dalam air               dengan membentuk larutan mirip sabun.
Rasa kulit luarnya yang kecut agak manis, dengan sifat hangat astrigen.Zat tersebut dapat menyebabkan pengerutan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi, lebih sering dipakai sebagai obat luar untuk merawat kulit.
Berikut ramuan lengkeng untuk mengobati beberapa jenis gangguan kesehatan :

Mata kabur dan badan lemas.Ambillah 20 gram buah lengkeng segar, tambahkan 50 gram daging tanpa lemak, 2 iris jahe segar dan 1 takaran anggur beras.Kukus semua bahan tersebut hingga matang kemudian dimakan selagi hangat.Lakukan pengobatan sehari sekali.

Mengobati insomnia,lemah jantung,kehilangan vitalitas,depresi.
Gunakan 20 gram buah lengkeng dan 5 gram kurma merah (hung Chou).Dikukus sampai matang, setelah itu diminum selagi masih hangat.

Selera makan hilang,limpa lemah,diare.
Ambillah 60 gram daging buah lengkeng,buang kulit dan bijinya.Makan pagi hari dan sekali lagi di malam hari.Lakukan hingga ada perubahan.

Bau badan dan ketiak.
Ambillah 15 gram biji lengkeng dan 9 gram lombok hitam.tumbuk hingga halus dan oleskan pada bagian ketiak.

Jari kaki gatal atau bernanah.
Ambillah 3-6 biji buah lengkeng dan panggang diatas api.Tumbuk sampai halus dan taburkan pada bagian yang gatal atau bernanah.

 Nah,itulah tadi beberapa manfaat dari buah lengkeng.Semoga bermanfaat.



: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved