Manfaat Beras Merah

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/manfaat-beras-merah.html




Beras merah (oryza sativa) ternyata lebih banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita bila dibandingkan dengan beras putih yang kita konsumsi sehari - hari.
Manfaat dalam kandungan beras merah

1. Mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Sebagaimana diketahui, vitamin B merupakan kunci untuk pembentukan energi bagi tubuh manusia.Pembentukan energi di sel, difasilitasi oleh kecukupan vitamin B. Salah satunya ada di beras merah.

2. Mempunyai kandungan serat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Manfaat dari serat tersebut di antaranya untuk mengganggu penyerapan gula dalam karbohidrat, serta mengganggu penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.

3. Mengandung Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel hingga merusak membran tersebut, menyebabkan kanker, dan penyakit degeneratif lainnya. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan beras merah mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

4. Magnesium, yang terkandung dalam beras merah, menurut beberapa studi mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan menurunkan risiko serangan jantung serta struk. Magnesium membantu mengatur irama saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium. Magnesium juga perlu untuk kesehatan tulang. Sekitar dua pertiga magnesium di dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang. Secangkir beras merah akan memberi anda 21% keperluan sehari-hari akan magnesium.

5. Selain mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, dan mineral, beras merah juga mengandung antosianin. Antosianin merupakan pigmen merah yang terkandung pada perikarp dan tegmen (lapisan kulit) beras. Antosianin adalah senyawa fenolik yang masuk kelompok flavonoid dan berfungsi sebagai antioksidan, berperan penting baik bagi tanaman itu maupun bagi kesehatan manusia. Peran antioksidan bagi kesehatan manusia untuk mencegah penyakit hati (hepatitis), kanker usus, stroke, diabetes, sangat esensial bagi fungsi otak dan mengurangi pengaruh penuaan otak.

6. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan).

Ringkasan mengenai beberapa manfaat dari beras merah

Berikut ini kita akan membahas beberapa manfaat beras merah yang mungkin bisa dijadikan referensi yang baik untuk Anda dan pastinya untuk mempertimbangkan variasi makanan pokok selain beras putih:

1.Dengan mengonsumsi beras merah dapat membuat kulit kamu lebih halus serta mengatasi alergi.

2.Dengan mengonsumsi beras merah dapat membantu anda untuk mencegah maupun mengatasi berbagai penyakit degeneratif seperti Diabetes militus, hipertensi, asma, lever, dll.

3.Dengan mengonsumsi beras merah yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.

4.Dengan mengonsumsi beras merah mampu meningkatkan stamina kamu, memperkuat organ tubuh, dan mengatasi rasa cepat lelah karena aktifitasmu.

5.Dengan mengonsumsi beras merah yang memiliki kandungan vitamin B yang tinggi dapat bermanfaat untuk mencegah terserang penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan.

Konsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih merupakan pilihan yang baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Cobalah menu baru ini agar organ tubuhmu terpenuhi oleh nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam beras merah ini. Selamat mencoba
Manfaat Beras Merah, Pada: Mei 28, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved