Manfaat bayam dan Kandunganya.

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/manfaat-bayam-dan-kandunganya.html

 Manfaat bayam dan Kandunganya. Tanaman yang biasa dimasak ibu ibu dirumah sebagai menu utama untuk  makan atau sekedar campuran saja ini sudah terkenal kandungan zat besinya (selain karena popaye juga hehehehe).  Pantas saja jika bayam dijadikan ikon sumber kekuatan dalam film kartun tersebut. Namun bayam juga akan berbahaya jika Dalam proses penyimpanan di lemari es tidak diperhatikan. Dan  Mengapa bayam tidak boleh dipanaskan jika sudah dimasak?? Berikut jawabannya

.




Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro), jikalau bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada bayam akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang bermanfaat untuk manusia adalah ferro, lain halnya dengan ferri yang bersifat racun. Jadi jangan sekali-sekali untuk memanaskan sayur bayam yang sudah melalui proses pemasakkan dalam bentuk makanan.Alangkah baiknya juga, kita harus segera mengkonsumsi bayam sesaat setelah diolah, lebih baik hindari juga mengkonsumsi bayam yang sudah lebih dari 5 jam di atas meja makan, karena selain mengandung zat ferri yang tadi disebutkan di atas, bayam tersebut juga dapat mengandung zat nitrat (NO3) yang jika teroksidasi dengan udara juga akan menjadi NO2 (nitrit) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun.

Dalam proses penyimpanan di lemari es pun harus diperhatikan, karena semakin lama bayam disimpan di dalam lemari es, senyawa nitrit pun akan terus meningkat kadarnya. Efek racun pada nitrit menimbulkan reaksi dengan zat besi dalam sel darah merah tepatnya di hemoglobin. Ikatan nitrit dengan hemoglobin disebut Methemoglobin yang mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, makan akan terjadi Sianosis yang artinya keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen.

Kandungan Gizi Bayam


Dalam 100 g Bayam terdapat :


Energi              36   kal
Protein             3,5  g
Lemak             0,5  g
Karbohidrat    6,5  g
Serat               0,8  g
Kalsium         267    mg
Fosfor            67   mg
Besi               3,9 mg
Vitamin A     6.090   IU
Vitamin B1   0,08 mg
Vitamin C     80     mg
Air                86,9   g

Manfaat bayam





1.Diet

20 persen kandungan bayam terkandung zat yang dituhkan dalam  Angka Kebutuhan Gizi (AKG) serat makanan. Seperti yang kita tahu, serat makanan baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan makan berlebihan.

2.Kanker

Flavonoid, sebuah phytonutrisi dengan sifat antikanker, banyak terdapat pada bayam. Flavonoid telah terbukti dapat memperlambat pembelahan sel dalam perut manusia dan sel-sel kanker kulit. Selain itu, bayam juga mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat agresif.

3.Anti-Inflamasi

Bayam mengandung banyak sekali neoxanthin dan violaxanthin (dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls) yang berperan penting dalam regulasi peradangan.

4.Antioksidan

Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng, dan selenium juga banyak terkandung di bayam. Semuanya itu berfungsi sebagai antioksidan kuat yang memerangi terjadinya osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

5.Tekanan Darah

Kandungan angiotensin menghambat I-converting enzyme dan peptida dalam bayam terbukti efektif menurunkan tekanan darah.

6.Penglihatan

Dua antioksidan, yaitu lutein dan zeaxanthin, yang banyak terdapat di bayam mampu melindungi mata dari katarak dan usia degenerasi makula terkait.

7.Kekebalan

Satu cangkir bayam mengandung lebih dari 337 persen dari AKG vitamin A, yang tidak hanya melindungi dan memperkuat "entry point" ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, tetapi juga merupakan komponen kunci dari limfosit atau sel darah putih yang memerangi infeksi.

8.Kulit

Jumlah vitamin A yang tinggi pada bayam juga menjadikan kulit sehat dan memungkinkan retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi psoriasis, keratinisasi, jerawat, dan bahkan keriput.

9.Tulang

Satu cangkir bayam rebus mengandung lebih dari 1000 persen AKG vitamin K yang dapat mencegah aktivasi kelebihan osteoklas (sel-sel yang memecah tulang). Serta membentuk sintesis osteocalcin, yakni protein yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang kita.

10.Pengapuran

Vitamin K adalah komponen penting dari proses yang disebut karboksilasi yang menghasilkan protein matriks GLA yang secara langsung mencegah kalsium dari pembentukan kapur dalam jaringan. Mengonsumsi satu cangkir bayam berkontribusi terhadap proses ini yang melawan aterosklerosis, penyakit jantung, dan stroke.

11.Otak

Banyak mengkonsumsi vitamin K dalam bayam, memberikan kontribusi besar terhadap sistem saraf yang sehat dan fungsi otak untuk sintesis sphingolipids (lemak penting yang membentuk selubung myelin di sekitar saraf ).

12.Pertumbuhan

Zat besi mineral yang terdapat pada bayam sangat baik untuk wanita menstruasi dan pertumbuhan anak-anak dan remaja. Dibandingkan dengan daging merah, bayam lebih banyak mengandung kalori  seperti rendah lemak dan bebas kolesterol.

13.Usus

Kesehatan pencernaan dapat dijaga dengan makan lebih bayam. Beta-karoten dan vitamin C pada bayam berfungsi melindungi sel-sel usus dari efek berbahaya radikal bebas. Juga, kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus dapat dicegah dengan folat yang terdapat pada sayuran hijau ini.

Demikian artikel Manfaat bayam dan Kandunganya. semoga membantu.






Manfaat bayam dan Kandunganya., Pada: Mei 02, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved