Ciri ciri Tanaman Ubi Jalar

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-tanaman-ubi-jalar.html

    

Ciri ciri Tanaman Ubi Jalar Ubi Jalar atau ketela rambat atau sweet potato (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok  yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.


Bunga ubi jalar.


Nama umum
Indonesia:    Ubi jalar, ketela, ketela rambat, telo rambat (Jawa), patatas (Papua), mantang (Sunda)
Inggris:    Sweet potato
Melayu:    Ubi keledek
Thailand:    Phak man thet
Pilipina:    Kamote
Jepang:    Satsumaimo



Nilai kandungan gizi Ubi Jalar
 per 100 g (3.5 oz)
Energi 360 kJ (86 kcal)
Karbohidrat 20.1 g
Pati 12,7 g
Gula 4.2 g
Diet serat 3,0 g
Lemak 0,1 g
Protein 1,6 g
Vitamin A equiv. 709 mg (79%)
- Beta-karoten 8509 mg (79%)
- Lutein dan zeaxanthin 0 mg
Thiamine (Vit. B1) 0,1 mg (8%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,1 mg (7%)
Niacin (Vit. B3) 0,61 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,8 mg (16%)
Vitamin B6 0,2 mg (15%)
Folat (Vit. B9) 11 mg (3%)
Vitamin C 2.4 mg (4%)
Kalsium 30,0 mg (3%)
Besi 0,6 mg (5%)
Magnesium 25,0 mg (7%)
Fosfor 47,0 mg (7%)
Kalium 337 mg (7%)
Sodium 55 mg (2%)
Seng 0,3 mg (3%)
Source: USDA Nutrient database

Ciri ciri Tanaman Ubi Jalar Manfaat Ubi jalar


1. Tinggi vitamin B6.

Vitamin B6 membantu mengurangi homosistein kimia dalam tubuh. Homosistein telah dikaitkan dengan penyakit degeneratif, termasuk serangan jantung.

2. Sumber vitamin C yang baik.

Sementara kebanyakan orang tahu bahwa vitamin C penting untuk membantu menangkal virus flu, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa vitamin ini memainkan peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi, pencernaan, dan pembentukan sel darah. Ia membantu mempercepat penyembuhan luka, menghasilkan kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit, dan esensial untuk membantu mengatasi stres. Bahkan ia juga membantu melindungi tubuh kita terhadap racun yang dapat dikaitkan dengan kanker.

3. Mengandung vitamin D

Mengandung vitamin D yang penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Vitamin D memainkan peran penting dalam tingkat energi, suasana hati, dan membantu membangun tulang, jantung, saraf, kulit, dan gigi yang sehat, serta mendukung kelenjar tiroid.

4. Mengandung zat besi.

Kebanyakan orang menyadari bahwa kita memerlukan mineral besi untuk mendapatkan energi yang memadai, tapi zat besi memainkan peran penting lainnya dalam tubuh, termasuk produksi sel darah merah dan putih, ketahanan terhadap stres, fungsi kekebalan yang tepat, dan metabolisme protein.

5. Sumber magnesium yang baik.

Magnesium merupakan mineral relaksasi dan anti-stres. Ia diperlukan untuk arteri, darah, tulang, jantung, otot, dan fungsi saraf.

6. Sumber kalium.

Kalium merupakan salah satu elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung dan sinyal saraf. Seperti elektrolit lainnya, kalium melakukan banyak fungsi penting, beberapa diantaranya termasuk merelaksasi kontraksi otot, mengurangi pembengkakan, serta melindungi dan mengendalikan aktivitas ginjal.

7. Merupakan pemanis alami.

Gula alami dari ubi jalar secara perlahan dilepaskan ke dalam aliran darah, membantu untuk memastikan sumber energi yang seimbang dan teratur.

8. Kaya karotenoid.

Ciri ciri Tanaman Ubi Jalar Warna jingganya menunjukkan bahwa ubi Jalar memiliki kandungan karotenoid yang tinggi, seperti beta karoten dan karotenoid lainnya, yang merupakan prekursor vitamin A dalam tubuh Anda. Karotenoid membantu memperkuat penglihatan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Mereka juga merupakan antioksidan kuat yang membantu menangkal kanker dan melindungi terhadap efek penuaan.

Demikian Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Gizi semoga bermanfaat.
Ciri ciri Tanaman Ubi Jalar, Pada: Mei 18, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved