Sunday, 19 May 2013

Ciri ciri Tanaman Tebu


     

Ciri ciri Tanaman Tebu TEBU atau sugar cane adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tebu merupakan jenis tanaman rumput-rumputan.



Tanaman tebu termasuk salah satu anggota dari familia Gramineae, sub
familia Andropogonae. Banyak ahli berpendapat bahwa tanaman tebu berasal dari
Irian, dan dari sana menyebar ke kepulauan Indonesia yang lain, Malaysia,
Filipina, Thailand, Burma, dan India. Dari India kemudian dibawa ke Iran sekitar
tahun 600 M, dan selanjutnya oleh orang-orang Arab dibawa ke Mesir, Maroko,
Spanyol, dan Zanzibar. Beberapa peneliti yang lain berkesimpulan bahwa
tanaman ini berasal dari India berdasarkan catatan-catatan kuno dari negeri
tersebut. Bala tentara Alexander the Great mencatat adanya tanaman di negeri itu
ketika mencapai India pada tahun 325 SM (Tjokroadikoesoemo dan Baktir, 2005).


 Klasifikasi ilmiah dari tanaman tebu adalah sebagai berikut:
Kingdome : Plantae
Divisio : Spermathophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Class : Monocotyledone
Ordo : Glumiflorae
Famili : Graminae
Genus : Saccharum
Spesies : Saccharum officinarum L. 

Secara morfologi, tanaman tebu dapat dibagi menjadi beberapa bagian,
yaitu batang, daun, akar, dan bunga.
Tanaman tebu mempunyai sosok yang tinggi kurus, tidak bercabang, dan
tumbuh tegak. Tinggi batangnya dapat mencapai 3-5 m atau lebih. Kulit batang
keras berwarna hijau, kuning, ungu, merah tua, atau kombinasinya. Pada batang
terdapat lapisan lilin yang berwarna putih keabu-abuan dan umumnya terdapat
pada tanaman tebu yang masih muda.

Daun tebu merupakan daun tidak lengkap, karena hanya terdiri dari
pelepah dan helaian daun, tanpa tangkai daun. Daun berpangkal pada buku batang
dengan kedudukan yang berseling. Pelepah memeluk batang, makin ke atas makin
sempit. Pada pelepah terdapat bulu-bulu dan telinga daun. Pertulangan daun
sejajar.

Tebu mempunyai akar serabut yang panjangnya dapat mencapai satu
meter. Sewaktu tanaman masih muda atau berupa bibit, ada 2 macam akar, yaitu
akar setek dan akar tunas. Akar setek/bibit berasal dari setek batangnya, tidak
berumur panjang, dan hanya berfungsi sewaktu tanaman masih muda. Akar tunas
berasal dari tunas, berumur panjang, dan tetap ada selama tanaman masih tumbuh. 

Bunga tebu merupakan bunga majemuk yang tersusun atas malai dengan
pertumbuhan terbatas. Panjang bunga majemuk 70-90 cm. Setiap bunga
mempunyai tiga daun kelopak, satu daun mahkota, tiga benang sari, dan dua
kepala putik. 

Ciri ciri Tanaman Tebu Kandungan Gizi Tebu: 
Tebu memiliki segudang vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Jus tebu kaya akan fosfor, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus tebu dapat membantu memulihkan kehilangan vitamin yang terjadi akibat gangguan demam.


Ciri ciri Tanaman Tebu Selain sebagai bahan baku gula, tebu juga mempunyai beberapa khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat tebu:

1.   Mencegah Penyakit Kuning
Sari tebu ternyata selain dapat mencegah penyakit kuning juga merupakan obat alami untuk penyakit kuning. Sebagaimana kita ketahui penyakit kuning ini dikarenakan terdapat bilirubin yang berlebihan di dalam darah sehingga kulit menjadi kuning, kemudian penyakit ini nantinya akan menyerang pada liver atau hati sehingga dapat mengganggu kinerja hati. Untuk penggunaannya, penderita penyakit kuning dapat mengonsumsi dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

2.   Meredakan Rasa Nyeri
Minuman manis khususnya sari tebu ternyata memiliki kandungan zat yang dapat meredakan rasa nyeri infeksi pada saluran kemih, akibat penyakit seksual, dan peradangan perut. Bagi penderita nyeri tersebut dapat memanfaatkan sari tebu dengan mengonsumsi satu gelas sari tebu maka rasa nyeri tersebut akan berkurang.

3.   Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan mengonsumsi sari tebu. Penyakit yang dikenal pula dengan nama infeksi saluran kemih ini akan menyebabkan penderitanya merasa sakit ketika buang air seni dan bahkan mengakibatkan pendarahan. Penyakit ini dapat terjadi karena seseorang kurang mengonsumsi air sehingga terjadi dehidrasi dan membentuk batu di dalam ginjal. Untuk mengurangi penyakit ginjal ini, Anda dapat mengonsumsi sari tebu untuk meluruhkan batu ginjal yang berada di ginjal.

4.   Menurunkan Demam
Tebu merupakan salah satu tanaman yang memiliki segudang vitamin yang baik untuk tubuh begitu pula dengan sari tebu. Sari tebu kaya akan fosfor, zat besi, kalium, dan magnesium. Sebuah penelitian juga ternyata menunjukkan bahwa sari tebu dapat menurunkan demam.

5.   Mencegah Kanker
Sari tebu ternyata juga memiliki sifat sebagai alkali. Hal ini berarti bahwa sari tebu juga dapat mencegah penyakit kanker. Dalam hal ini penyakit kankernya yaitu kanker usus, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

6.   Mengatasi Dehidrasi
Jika Anda merasa selalu kurang minum dan tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk minum 8 gelas per hari maka sari tebu dapat menjadi solusi bagi Anda. Hal ini dikarenakan dengan meminum sari tebu maka Anda telah dapat mempertahankan cairan di dalam tubuh. Bahkan ketika musim panas, sari tebu juga dapat dimanfaatkan untuk mendinginkan panas tubuh.

7.   Aman untuk Penderita Diabetes
Walaupun sari tebu memiliki rasa yang sangat manis, tetapi bagi para penderita diabetes tidak perlu khawatir tidak dapat merasakan manfaat dari sari tebu ini. Hal tersebut dikarenakan sari tebu yang memiliki rasa manis ini ternyata aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Rasa manis yang terdapat di dalam sari tebu bukanlah pemanis buatan dan sari tebu juga dapat menjaga kadar glukosa untuk tetap seimbang sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Mencegah Stroke
Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.

9. Menguatkan Gusi dan Gigi
Cairan yang ada di buah tebu dapat membuat gusi dan juga gigi anda menjadi kuat, caranya dengan meminum air tebu murni yang sudah dicampir air jeruk nipis dan juga garam.

10. Mengatasi Mimisan
Potonglah bagian tebu yang paling ujung setelah itu rebus dengan air secukupnya, campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mendingin saring airnya dan minumlah.

11. Mengatasi Masuk Angin
Ambil sekitar tiga helai daun tebu, rebuslah hingga mendidih dan minumlah apabila anda rebusan tersebut sudah mendingin, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.

12. Melawan Kanker Payudara
Kandungan yang berada pada buah tebu merupakan sifat alkali yang dapat membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.

13. Baik Untuk Penderita Diabetes
Tebu juga sehat bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami. Air sari tebu bisa menjadi alternatif yang lebih baik untuk gula mentah atau pemanis buatan. Manfaat jus tebu juga mampu menjaga kadar glukosa darah seimbang.

14. Menyembuhkan Pilek dan Sakit Tenggorokan
Jika ka Anda berpikir jus tebu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan atau pilek, maka Anda salah. Air tebu justru membantu menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan flu. 

Ciri ciri Tanaman Tebu Demikian Manfaat Tebu dan Kandungannya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment