Wednesday, 22 May 2013

Ciri ciri Tanaman Kelor



    

Ciri ciri Tanaman Kelor Dunia tak selebar daun kelor, mungkin ungkapan itu ada benarnya, sebab daun kelor memang memiliki bentuk yang kecil dan memang tidak lebar, akan tetapi dibalik bentuknya yang kecil itu daun kelor ternyata memiliki berbagai manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan kita.

Ciri ciri Tanaman Kelor Kelor adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae. Kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera biasanya mudah tumbuh pada daerah yang cukup air di ketinggian sekitar 300 – 900 m dari permukaan laut. Pohon kelor memiliki ciri–ciri pohon dengan ketinggian antara 7-8 meter, serta daunnya berbentuk bulat telur. Namun  kayu pohon kelor rapuh sehingga berbahaya bila dipanjat, kecuali bila pohonnya telah sangat besar.


Kandungan Daun Kelor
Ciri ciri Tanaman Kelor Bagian pohon kelor yang sering dimanfaatkan manusia adalah bagian daun dan buahnya, biasanya dijadikan sayuran untuk konsumsi sehari-sehari. Namun ada juga yang memanfaatkan daun kelor sebagai pengobatan alami.

Penggunaan Daun Kelor Sebagai Obat Herbal Alami

Rematik,
 Nyeri dan Pegal Linu. Tumbuk halus dua gagang daun kelor dan setengah sendok makan kapur sirih lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.

Sakit Mata.
 Tumbuk halus tiga gagang daun kelor dan diberi air satu gelas, aduk sampai merata, diamkan sampai ampasnya mengendap dan gunakan airnya sebagai tetes mata.

Cacingan. 
Rebus tiga gagang daun kelor, satu gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, saring rebusan air tersebut dan diminum rutin setiap hari.

Alergi.
 Rebus tiga gagang daun kelor, satu siung bawang merah, adas pulasari secukupnya tambahkan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring dan minum rutin setiap hari.

Herpes,Kurap dan Luka Bernanah. 
Tujuh gagang daun kelor ditumbuk sampai halus dan tempelkan ke bagian yang luka sebagai obat luar.

Menghilangkan Flek Wajah.
 Pilih beberapa lembar daun kelor yang masih muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak.

Penghancur Batu Ginjal. 
Daun kelor dibuat sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing.

 Meredakan penyakit demam
Anak-anak biasanya paling sering terkena demam. Nah bila anak Anda terkena demam cobalah memberikan sayur daun kelor yang dimasak bening. Berikan secara rutin selama 2 kali sehari.

 Mencegah gizi buruk
Banyak anak–anak saat ini yang menderita gizi buruk diakibatkan sering mengonsumsi makanan yang bergizi rendah. Nah bila ingin anak Anda terhindar dari gizi buruk cobalah dengan rajin memberikan sayur dari daun kelor sebab daun kelor merupakan sumber penting  magnesium, protein,  vitamin B6, vitamin C, dan provitamin A sebagai beta-karoten.

 Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Bagi Anda yang sering mengalami sakit–sakitan kemungkinan sistem kekebalan tubuh Anda tidak kuat. Nah cobalah Anda rajin mengkonsumsi daun kelor, sebab dari hasil penelitian ternyata daun kelor mengandung Vitamin C hingga 7 x lebih banyak dari kandungan vitamin C buah jeruk. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit.

 Mencegah osteoporosis dan meningkatkan tinggi badan
Bagi Anda yang rentan mengalami osteoporosis sebaiknya perbanyak mengonsumsi daun kelor. Sebab daun kelor mengandung kalsium yang sangat tinggi, bahkan sampai 4 kali lipat dari susu. Kalsium berperan dalam mencegah osteoporosis di masa tua, dan bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dapat membantu meningkatkan tinggi badannya.

 Mengatasi diabetes (kencing manis)
Hasil penelitian dari Departemen Kimia Universitas Allahabad India  mengatakan bahwa kandungan senyawa Terpenoid  di dalam daun kelor lebih aktif dalam menstimulasi sel–sel ß pankreas  menghasilkan insulin untuk menurunkan kadar gula darah dibandingkan dengan obat–obatan dari bahan kimia.

 Mengobati anemia
Bagi Anda yang mengalami kekurangan sel darah merah dapat memanfaatkan daun kelor untuk meningkatkan produksi sel–sel darah merah.

Demikian Ciri ciri Tanaman Kelor semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment