Ciri ciri Tanaman Bawang Merah

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-tanaman-bawang-merah.html


    

 Kedudukan tanaman bawang merah dalam tata nama atau sistematika tumbuhan, termasuk klasifikasi sebagai berikut:
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Lilialaes (liliflorae)
Famili : Liliales
Genus : Allium



Spesies : A. Ascalonicum L. (Bawang Merah Biasa)
Spesies bawang merah yang banyak ditanam di Indonesia terdiri dari 2 macam, yaitu bawang merah biasa atau shallot alias sylot (A. ascalonicum L.), dan bawang merah sebenarnya atau disebut bawang bombay, bawang timur alias “Onion” (A. cepa L).
Secara morfologis, karakteristik tanaman bawang merah adalah :
1. Akar
Berakar serabut dengan sistem perakaran dangkal dan bercabang terpencar, pada kedalaman antara 15 – 30 cm di dalam tanah.
2. Batang
Memiliki batang sejati atau disebut “discus” yang bentuknya seperti cakram, tipis dan pendek sebagai tempat melekat perakaran dan mata tunas (titik tumbuh).
Di bagian atas discus terbentuk batang semu dari pelepah-pelepah daun. Batang semu yang berada di dalam tanah akan berubah bentuk dan fungsinya menjadi umbi lapis (bulbus).
Diantara kelopak bulbus terdapat mata tunas yang dapat membentuk tanaman baru atau anakan, terutama pada spesies bawang merah biasa.
3. Daun
Bentuknya seperti pipa, yakni bulat kecil memanjang antara 50 – 70 cm, berlubang, bagian ujungnya meruncing, berwarna hijau muda sampai hijau tua, dan letak daun melekat pada tangkai yang ukurannya relatif pendek.
4. Bunga
Tangkai daun keluar dari ujung tanaman (titik tumbuh) yang panjangnya antara 30 – 90 cm, dan diujungnya terdapat 50 – 200 kuntum bunga yang tersusun melingkar (bulat) seolah berbentuk payung (umbrella).
Tiap kuntum bunga terdiri atas 5 – 6 helai daun bunga yang berwarna putih, 6 benang sari berwarna hijau atau kekuning-kuningan, 1 putik dan bakal buah berbentuk hampir segitiga.

Demikian Ciri ciri Tanaman Bawang Merah semoga bermanfaat
Ciri ciri Tanaman Bawang Merah, Pada: Mei 20, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved