Berjemur, Jantung Sehat

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/berjemur-jantung-sehat.html




Sinar matahari seringkali buat kita kesal sebab kulit jadi kusam karenanya. Tapi penelitian terbaru mengungkapkan bahwa manfaat terpapar sinar matahari sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama jantung.



Penelitian yang dilakukan oleh Edinburgh University menunjukkan hasil bahwa sinar matahari membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Penyakit jantung dan stroke memiliki kaitan dengan tekanan darah yang tinggi. Menurut perkiraan, penyakit ini menyebabkan kematian 80 kali lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan kematian

Sinar ultraviolet (UV) yang ditemukan dalam sinar matahari melepaskan suatu senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah. Senyawa ini disebut sebagai nitric oxide atau oksida nitrat. Senyawa ini terpisah dari proses pembuatan vitamin D dalam tubuh, di mana prosesnya akan meningkat setelah terpapar sinar matahari.

Selama penelitian, para dermatologis mencatat tekanan darah 24 orang responden di bawah paparan sinar matahari dan sinar lampu. Hasilnya, tekanan darah menurun secara signifikan setelah responden terpapar sinar UV selama 1 jam. Namun, kadar vitamin D responden tidak memiliki perubahan yang signifikan selama proses pengamatan ini.

Berdasarkan temuan ini, manfaat sinar matahari terhadap jantung lebih banyak dibandingkan dengan risiko munculnya kanker kulit. Tapi ingat, tetap batasi paparan sinar matahari, khususnya pada pukul 12 hingga 15 siang. Sebaiknya keluar rumah pukul 7 hingga 9 pagi.

Sumber hd.co.id
Berjemur, Jantung Sehat, Pada: Mei 29, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved