5 Makanan Penambah Darah

https://mencarikanmanfaat.blogspot.com/2013/05/5-makanan-penambah-darah.html




Penyakit kurang darah atau anemia seringkali ditandai dengan keadaan tubuh yang terasa lemah, letih dan lesu. Selain itu,  anemia biasa ditandai dengan mata yang sering berkunang-kunang, terutama habis duduk lama dan berdiri dengan tiba-tiba. Anemia atau kurang darah adalah kondisi dimana sel darah merah kekurangan hemoglobin. Jangan remehkan penyakit ini, terutama bagi ibu hamil karena bisa membahayakan janin yang ada didalam kandungan. Khusus untuk ibu mengandung, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran/makanan kaya folat dan zat besi. Pada dasarnya kurang darah bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan atau sayuran yang tinggi zat besi.

Jika kekurangan haemoglobin, jangan buru-buru minum suplemen penambah darah. Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari Health Me Up, berikut ini lima makanan terbaik untuk menambah darah.

1. Daging
Daging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Selain itu, daging mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Namun, jangan berlebihan makan daging karena dapat membuat risiko serangan jantung bertambah. Konsumsilah daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang.

2. Sayuran
Sayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran penambah darah antara lain bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

3. Buah-buahan
Buah-buahan seperti kismis, plum, apel, anggur dan melon, tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga menambah jumlah sel darah merah. Buah jeruk dan limau juga menambahkan zat besi ke tubuh Anda.

4. Kacang Almond
Beberapa jenis kacang dapat mengatasi kekurangan darah, terutama kacang almond. 1 ons kacang almond setiap hari memberikan 6 persen zat besi ke dalam tubuh. Di samping itu, harga kacang almond relatif lebih murah daripada kacang lainnya.

5. Roti, Havermut, dan Sereal
Ketiga makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena anemia berat.

Demikian 5 Makanan Penambah Darah semoga bermanfaat.
5 Makanan Penambah Darah, Pada: Mei 24, 2013
: - -
Copyright © 2015 Manfaat Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved